Deplu AS Setujui (Lagi) Penjualan Sistem Senjata Aegis untuk Kapal Fregat Spanyol

US Navy

ANGKASAREVIEW.COM – Departemen Luar Negeri Amerika Serikat kembali menyetujui penjualan lima unit sistem senjata Aegis senilai 860,4 juta dolar AS. Kelima sistem senjata tersebut akan diintegrasikan pada kapal-kapal fregat Spanyol.

Sistem Aegis didesain memiliki interoperabilitas dengan sistem NATO. Sistem tempur ini mampu meningkatkan kapabilitas tempur kapal perang (untuk sasaran permukaan, bawah permukaan, dan udara) melalui penggabungan integrasi radar, persenjataan, dan sistem manajemen kontrol penembakan.

Sistem Aegis bukan pertama kali digunakan oleh kapal perang Spanyol. Sebelum ini lima fregat Álvaro de Bazán-class (F100) telah dilengkapi sistem Aegis dari Amerika Serikat. Kelima fregat adalah Álvaro de Bazán (F101), Almirante Juan de Borbón (F102), Blas de Lezo (F103), Méndez Núñez (F104), dan Cristóbal Colón (F105).

Meski demikian, lampu hijau yang telah diberikan oleh Deplu AS ini belum sepenuhnya menjamin penjualan Aegis lagi kepada Spanyol. Karena, persetujuan dari Kongres AS masih dibutuhkan dalam hal ini.

Kongres AS bisa saja membatalkan penjualan tersebut apabila ada pertimbangan lain termasuk soal harga dan jumlah sistem senjata yang akan dijual.

Istimewa

Bila semua persyaratan dan persetujuan telah keluar, pembuatan sistem Aegis akan dilaksanakan oleh Lockheed Martin, Raytheon, dan General Dynamics.

Sejumlah paket termasuk dalam penjulan sistem Aegis. Di antaranya sistem komputasi, sistem uji kesiapan operasional, sistem kontrol penembakan, sistem peluncur vertikal, unit torpedo ringan, unit rudal SM-2 Block III, dan lainnya.

(RON)

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!