Wed. Jul 10th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Adu Kuat Pasukan Khusus Rusia dan Amerika Serikat di Suriah (Bagian 2 – Peralatan Taktis Rusia)

2 min read
Funnyjunk

ANGKASAREVIEW.COM – Pada artikel sebelumnya pembaca Angkasa Review sudah menyimak sejumlah peralatan yang digunakan oleh pasukan khusus Amerika Serikat di Perang Suriah. Kini mari pembaca mengenal lebih dalam peralatan yang digunakan oleh para personel Силы Специалных Операций (CCO lafal dalam huruf Cirilik) atau biasa disebut SSO.

Perang Suriah membuka mata dunia terhadap kualitas dan kemampuan para pasukan khusus Rusia. Apalagi selama ini pasukan Rusia dikenal sering tampil urakan dan memiliki kemampuan yang terbilang mediocre. Tampaknya Presiden Putin telah berhasil mengubah kemampuan militer pasukan khusus miliknya dan sedikit tampil lebih tacticool. Walaupun, dari segi kualitas dan kelengkapan tidak seperti USSF dan Navy SEAL.

Selain itu, sangat jarang terlihat pasukan SSO menggunakan gear buatan Barat. Sebagian besar perlatan taktis yang digunakan SSO dibuat di Rusia.

Di sejumlah foto yang beredar di internet, SSO tampil dengan gear yang sangat modern. Bahkan, beberapa peralatan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Seperti apa detail peralatannya, mari kita simak bersama.

Helm tempur

Pinterest
Shopru

Medan tempur yang didominasi dengan bangunan dan perkotaan memaksa Rusia mengubah peralatan yang digunakan. Jika awalnya tentara Rusia cenderung malas menggunakan helm tempur, perang di Suriah ini mengharuskan menggunakannya. Beragam helm tempur modern digunakan mulai dari Kiver RSP NE, LsHZ-2DTM, hingga OVR-3Sh.

Body Armor

Greyru

Untuk urusan body armor, banyak personel SSO menggunakan FORT Defender. Tidak hanya itu, jamak ditemukan para personel SSO menggunakan M2 dari ANA dengan model kamuflase ATACS dan multicam. Sedikit informasi bagi pembaca, ANA adalah salah satu merek taktis buatan dalam negeri Rusia. Selain memroduksi peralatan tempur macam body armor dan vest, ANA mempunyai sejumlah produk lainnya seperti gorka, combat shirt, dan jaket taktis.

Seragam Kamuflase

Reddit

Militer Rusia terinspirasi dengan gaya dari pasukan khusus Barat. Buktinya sejumlah seragam kamuflase yang digunakan oleh tentara Amerika Serikat terlihat digunakan Militer Rusia walaupun sedikit di modifikasi. Salah satu yang sering digunakan oleh prajurit SSO adalah multicam, seragam sejuta umat ini menawarkan kontras warna yang pas jika digunakan di medan gurun dan arid (gersang).

Senjata

Pinterest
Reddit

Senjata juga tidak luput dari gaya pasukan khusus Amerika Serikat. Beragam scope dan aksesori lainnya terlihat menempel di AK-12. Uniknya AK-74 tetap digunakan, walaupun dengan modifikasi yang luar biasa. Perang Suriah memaksa tentara Rusia mengubah gaya pertempuran yang biasa dilakoni oleh Negeri Paman Putin. Pertempuran jarak dekat dan lingkungan pertempuran yang dinamis membuat SSO butuhkan senjata modern dengan sifat modular. Di konflik Suriah juga terlihat pasukan SSO menggunakan senapan runduk paling gres, Orsis T-5000.

Sepatu Bot Taktis

Tactical Rus

Walau masih terlihat sejumlah operator menggunakan sepatu bot taktis (tactical boots) standar seperti black boots dan desert boots, personel SSO tampak juga sering menggunakan tactical boots buatan Garsing dan lansiran BTK.

(RND)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *