DSRaider PTV, Otoped 4X4 Militer dari Israel

DSRaider

ANGKASAREVIEW.COM – Terselip di antara jajaran alutsisata canggih dan mematikan dalam pameran pertahanan Eurosatory 2108 di Paris, Perancis sebuah kendaraan kecil berbentuk scooter (skuter) atau otoped bermotor ikut ‘mejeng’ mencuri perhatian pengunjung. DSRaider PTV (Personal Tactical Vehicle) namanya, produk buatan Mistral Group dari Israel.

Otoped beroda empat ini digerakkan menggunakan motor listrik torsi tinggi berdaya 2×1200 W, menggunakan baterai 60 V, 3000 w/h. Dilengkapi dengan sistem kontrol kemudi intuitif dan akurat yang memungkinkannya untuk beroperasi dalam mode 4X2 atau 4X4. Dapat diprogram untuk melaju dengan kecepatan maksimum 50 km/jam dan berjangkauan operasi mencapai 75 km.

Selain bisa mengangkut dua orang prajurit dengan gear lengkap, DSRaider PTV juga bisa dilengkapi kereta gandeng yang juga dilengkapi motor listrik yang sama. Bertugas membawa perlengkapan militer atau tandu untuk seorang prajurit terluka.

Dimensinya terbilang kompak, panjang 170 cm, lebar 74 cm, tinggi 135 cm, dan 75 cm dalam posisi setang terlipat. Beratnya 125 kg, mampu membawa beban seberat 170 kg. Kereta gandengnya berdimensi panjang 167 cm, lebar 74 cm, tinggi 60 cm, berat mencapai 67 kg, dan payload seberat 150 kg.

DSRaider

DSRaider PTV termasuk wahana militer dengan konsep baru, dirancang untuk beroperasi di segala medan dengan mobilitas tinggi, termasuk jalan terjal yang hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki.

Digunakan dalam konflik ringan terbatas atau sebagai wahana patroli keamanan militer/sipil, tim medis, tim rescue (penyelamatan) juga untuk awak pemadam kebakaran. Varian sport sipil pun tersedia yang dinamai EZRaider.

DSRaider dikembangkan oleh mantan pilot AU Israel Brigjen (Purn) Miki Bar yang pernah menjadi penasehat khusus di Israel Aerospace Industries Ltd. Ia berkolaborasi dengan Erez Abramov pembalap reli terkenal Israel yang juga modifikator mobil sport dan Gadi Binyamini, seorang ahli teknik pengembang robot berpengalaman.

RANGGA BASWARA SAWIYYA

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *