Pilot Sichuan Airlines Diganjar 777 Ribu Dolar AS Karena Selamatkan Kopilot

http://newsinflight.com

ANGKASAREVIEW.COM – Pertengahan Mei lalu, jendela kokpit di salah satu pesawat milik maskapai Sichuan Airlines dikabarkan pecah di tengah penerbangan. Dalam insiden itu, setengah badan kopilot sempat terhisap keluar. Beruntung pilot di sebelahnya berhasil menyelamatkan nyawanya.

Cerita insiden nahas itu berlanjut. Sichuan Airlines ternyata memberikan bonus kepada pilot tersebut. Ia mendapatkan hampir 777 ribu dolar AS karena dianggap berhasil mendaratkan penerbangan 3U8633 dan menyelamatkan nyawa kopilotnya.

Liu Chuanjian, sang pilot heroik itu dianugerahi hampir lima juta yuan dan gelar “kapten pahlawan penerbangan sipil China.”

Baca juga:
Kadispenau: Tidak Benar Pilot TNI AU Akan Gantikan Pilot Garuda
Insiden Mesin Meledak Southwest Airlines, Mengulang Peristiwa Sama 2016

Sebuah Airbus A319 yang membawa 119 penumpang sedang terbang di ketinggian 32.000 kaki saat kaca depan kokpit pecah hingga menimbulkan suara yang memekakkan telinga.

Pilot melihat kopilotnya tersedot keluar. “Sebagian besar peralatan rusak dan saya tidak bisa mendengar radio setelah insiden itu,” ujar sang pilot.

Kapten Liu Chuanjian mengendalikan situasi, dan dengan aman mendaratkan pesawat.

Tidak cuma Kapten Liu Chuanjian yang menerima bonus, kopilot lainnya Liang Peng, juga dianugerahi dua juta yuan, atau setara 312.456 dolar AS.

Sedangkan kopilot beruntung yang bernama Xu Ruichen berusia 27 tahun, menerima satu juta yuan atau sekitar 156.228 dolar AS. Enam anggota awak kabin lainnya juga mendapatkan bonus masing-masing satu juta yuan. (IAN)

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

63 views