F-15C USAF Jatuh di Laut Jepang

USAF

ANGKASAREVIEW.COM – Pesawat tempur Angkatan Udara AS (USAF) F-15C dikabarkan jatuh pada Senin kemarin (11/6/2018) di lepas pantai Jepang saat melaksanakan misi latihan rutin. Pilot terlontar dan dengan cepat dijemput oleh pasukan pencarian dan penyelamatan yang membawanya ke rumah sakit setempat.

Dalam rilis yang diposting di akun Twitter, Pangkalan Udara Kadena Angkatan Udara AS menyatakan bahwa pada tanggal 11 Juni 2018 pukul 6:26 pagi waktu setempat, F-15C milik Skuadron Tempur ke-44, Wing ke-18 jatuh sekitar 50 mil sebelah selatan pulau Okinawa.


Pilot F-15C itu dijemput oleh Pasukan Bela Diri Angkatan Udara Jepang dan helikopter penyelamat yang beroperasi dari Pangkalan Udara Naha.

Tim penyelamat mengirim pilot ke Rumah Sakit Angkatan Laut AS di Camp Foster. Menurut jaringan berita NHK Jepang, pilot tersebut menderita patah kaki.

Baca juga:
Jaga Stabilitas Indo-Pasifik, F-22 Raptor Gantikan F-35A di Pangkalan Udara Kadena Jepang
Banyak Kecelakaan, AD AS Tolak Pengiriman Heli Apache dari Boeing

Kadena Air Base mengatakan, F-15C terlibat dalam misi latihan rutin. Harian Jepang Yomiuri melaporkan bahwa pesawat itu terlibat dalam latihan bersama tujuh pesawat lainnya.

Insiden ini adalah kecelakaan kelima yang melibatkan F-15 yang berbasis di Okinawa sejak 2002. Kecelakaan pada tahun 2011 yang melibatkan F-15J milik Angkatan Pertahanan Diri Udara Jepang bahkan menewaskan pilotnya. Pilot pun tidak pernah ditemukan.

Sebagai akibat dari kecelakaan hari ini, Wing 18 telah “sementara menghentikan” operasi F-15 untuk menginvestigasi lebih lanjut kecelakaan ini.

Kadena Air Base berada di pulau Okinawa. Pulau ini memiliki fasilitas militer amat lengkap untuk Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Korps Marinir AS. Di tempat yang sama juga terdapat markas Pasukan Bela Diri Jepang. (IAN)

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

39 views