Semakin Powerful, Brigade Irak Ganti Tank Abrams dengan T-90S

tankSputnik

ANGKASAREVIEW.COM – Tank T-90S (versi ekspor T-90) pesanan pemerintah Irak telah sampai. Rencananya tank asal Rusia ini akan menggantikan peran Tank M1A1 Abrams buatan Amerika Serikat (AS) yang sebelumnya dioperasionalkan salah satu brigade kavaleri militer Irak.

Pada 6 Juni lalu, Kementerian Pertahanan Irak mengumumkan keputusan mereka untuk menukar monster baja pabrikan AS itu dengan tank tempur yang diproduksi Rusia.

Pihak Kementerian mengatakan bahwa 39 unit tank T-90S telah diserahkan ke Brigade ke-35 dari Divisi Lapis Baja ke-9 untuk melengkapi kekuatan dua batalyon mereka.

Baca Juga:

Mantan Tulang Punggung Bundeswehr, Miskin Pengalaman Tapi Laku di Pasaran

Kenalkan Ini Karrar, Tank Tempur Utama (MBT) Terbaru Buatan Iran

Disebutkan bahwa para perwira dan awak Brigade ke-35 yang mengoperasikan T-90S juga telah dilatihkan yang ditangani langsung oleh Rusia. Sementara tunggangan lama mereka, tank Abrams ditrasfer ke Brigade ke-34.

Sebelumnya, pemerintah Irak pada tahun 2017 telah meluapkan kepastian bahwa mereka memesan 73 unit tank T-90S. Pada Fabruari 2018, pemerintah Irak mengumumkan bahwa sebanyak 36 unit tank telah dikirim.

Brigade ke-34 adalah operator tank T-72. Tank tersebut dikembangkan oleh Rusia sehingga melahirkan tank tempur generasi ketiga, T-90.

T-90S merupakan tank tempur yang ditelurkan dari versi komando, T-90SK. Negara selain Irak yang lebih dulu menjadi operator T-90S buatan Rusia adalah India. Tank pesanan India mendapatkan beberapa modifikasi dan dijuluki dengan nama ‘Bhishma’.

(ERY)

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

91 views