Thu. May 23rd, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Gunakan Fregat Kelas Karel Doorman, AL Belgia Uji Penembakan Rudal Harpoon Pertama Kali

1 min read
Belgian Navy

ANGKASAREVIEW.COM – Kapal fregat Angkatan Laut Belgia dari kelas Karel Doorman, BNS Louise-Marie F931, melakukan uji penembakan rudal antikapal Harpoon untuk pertama kalinya. Penembakan dilaksanakan dalam latihan tempur di wilayah lepas pantai Norwegia pada 28-31 Mei 2018.

AL Belgia mendokumentasikan penembakan dari kapal bekas pakai AL Belanda itu dan kemudian mengunggahnya di internet.

Sebelum ini AL Belgia tidak pernah melakukan uji penembakan rudal Harpoon, karena rudal ini cukup mahal dan persediaan di inventori militer mereka terbatas.

Letkol Nicols van Damme dari AL Belgia menjelaskan, penembakan pertama Harpoon berjalan sukses. Rudal tepat mengenai sasaran yang ditempatkan pada jarak 31,5 km dari kapal penembak.

Tidak hanya melakukan uji penembakan Harpoon, AL Belgia dalam latihan tersebut juga melakukan uji penembakan rudal antipesawat Sea Sparrow, penembakan kanon OTO Melara kaliber 76 mm, dan Goalkeeper CISW.

AL Belgia mengerahkan enam kapal dalam latihan bersandi Mjolnir (Hammer of Thor) ini. Sebagian besar uji penembakan dilaksanakan pada malam hari guna menghindari padatnya lalu lintas di laut.

Dilihat dari jumlah personel dan kapal yang dimiliki, AL Belgia memang belum bisa dikatakan besar. Matra laut negara yang bertetangga dengan Perancis dan Belanda ini hanya memiliki 1.600 personel dan mengoperasikan 14 kapal, terdiri dari dua kapal fregat, enam kapal pemburu ranjau, dan enam kapal pendukung. Kapal fregat kelas Karel Doorman dioperasikan oleh AL Belgia sejak tahun 2008.

(RON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *