Kendaraan Water Cannon Sabhara Polri, Hasil Kemitraan Pindad dengan Tata Motors dari India

Tata Motors

ANGKASAREVIEW.COM – Dalam rangka memperingati hubungan diplomatik antara dua negara bersahabat Indonesia dan India yang ke-70 tahun, salah satu agenda pertemuan yang dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri India Shri Narendra Modi adalah memperkuat kerja sama di bidang pertahanan.

Di antara hasil kerja sama bidang pertahanan tersebut adalah peresmiaan sebuah produk hasil kemitraan antara industri pertahanan nasional PT Pindad dengan Tata Motors Limited dari India dalam pengembangan kendaraan anti huru-hara yang dilengkapi water cannon (meriam air) untuk unit Sabhara Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Seremoni peresmian dilakukan pada 30 Mei 2018 di depan Tugu Monas seberang Istana Negara. Selain memajang kendaraan water cannon, Pindad juga memamerkan produk senjata andalannya yang sudah proven yaitu SS-2, kemudian senapan serbu baru SS-3 kaliber 7,62 mm, dan senapan runduk SPR-4 kaliber 8,6 mm (.338 Lapua Magnum).

Tata Motors

Kendaraan water cannon dibuat atas kesepakatan kerja sama Indonesia-India yang ditandatangani oleh Pindad dan Tata Motors pada penyelenggaraan pameran pertahanan Indo Defence, November 2016, di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Selain kendaraan water cannon, Pindad bersama Tata Motors juga akan memroduksi truk taktis 2,5 ton yang akan ditawarkan kepada TNI dan Polri.

Khusus untuk kendaraan meriam air, kendaraan ini dibangun berdasar truk serbaguna Tata seri LPTA 1628 berpenggerak 4×4 yang ditenagai mesin diesel Cummins ISBe 270 BS-III berdaya 265 hp. Mesin ini disandingkan penggunaannya dengan transmisi manual sembilan percepatan dan dilengkapi tangki untuk 400 liter solar.

Selain LPTA 1628 4×4, Tata juga melahirkan varian 6×6 LPTA 2038 dan varian 8×8 LPTA 3138. Tata LPTA 2038 6×6 berhasil menyingkirkan saingannya truk buatan Tatra dari Ceko dalam kompetisi pengadaan truk angkut mobilitas tinggi (high mobility vehicles) untuk militer India. Sebanyak 1.858 unit LPTA 2038 6×6 dipesan dan diserahkan secara bergelombang sejak Desember tahun 2015.

Erly
Erly

Tata Motors Ltd merupakan anak perusahaan dari Tata Group yang didirikan oleh Jamsetji Tata pada 1868. Divisi otomotif ini baru didirikan tahun 1945 dengan produk perdana berupa kendaraan tempur ringan ACV-IP yang dikenal sebagai Tatanagar dan digunakan oleh Inggris beserta sekutunya.

Saat ini Tata Motors adalah perusahaan mobil dan kendaraan komersial terbesar di India serta menempati urutan keenam perusahaan kendaraan komersial di dunia.

Perusahaan ini  juga adalah pemegang merk internasional dari Inggris, Jaguar dan Land Rover, kemudian  TDCV (Tata Daewoo Commercial Vehicle) dari Korea Selatan dan THMC (Tata Hispano Motors Carrocera) dari Spanyol.

RANGGA BASWARA SAWIYYA

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!