Tue. Jun 18th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Beli Apache dan Chinook, Langkah India Tarik Boeing Bangun Pabrik di Hyderabad

2 min read
ah-64eBoeing

ANGKASAREVIEW.COM – Tahun 2015 India menandatangani kontrak pembelian 22 helikopter serang AH-64E Apache Guardian dan 15 heli angkut berat multiguna CH-47F Chinook dari Boeing. Nilai kedua kontrak berikut paketnya mencapai 3 miliar dolar AS.

Salah satu persyaratan yang diajukan New Delhi kepada Boeing saat itu adalah transfer teknologi dan ofset pembuatan komponen helikoter di India sesuai kampanye pemerintah “Make in India”.

Kesepakatan pun dicapai melalui pembentukan perusahaan patungan antara Tata Advanced Systems Ltd (TASL) dari India dengan Boeing Company dari AS. Perusahaan ini diberi nama Tata Boeing Aerospace Ltd (TBAL).

Guna menunjang pekerjaan, fasilitas baru TBAL pun dibangun tahun 2016 di atas lahan seluas 14.000 meter persegi di Hyderabad, India. Pembangunan selesai dalam satu tahun sesuai jadwal pada 2017.

Tak butuh waktu lama, pembuatan komponen kedua helikopter langsung dikebut oleh TBAL. Di tahun itu pula, perusahaan ini sudah bisa menghasilkan crown dan tailcone untuk heli Chinook. Pengiriman pertama kedua komponen kepada Boeing dilaksanakan pada 8 Juni 2017.

Boeing

Maret 2018, fasilitas TBAL di Hyderabad diresmikan oleh Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman.

Tiga bulan berselang, perusahaan itu sudah menghasilkan produk lainnya. Kali ini adalah badan (fuselage) helikopter AH-64E. TBAL mengumumkan, pengiriman pertama komponen tersebut dari Hyderabad ke fasilitas Boeing di Mesa, Arizona telah dilaksanakan pada 1 Juni 2018, lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan. Komponen tersebut selanjutnya akan diintegrasikan dengan komponen lain di fasilitas perakitan akhir Boeing.

Berdasar kesepakatan, ke depan TBAL di Hyderabad akan menjadi satu-satunya produsen global AH-64 Apache bagi seluruh pelanggan termasuk AS.

Selain memroduksi fuselage, TBAL akan membuat struktur sekunder dan kotak spar vertikal heli Apache Guardian. Perusahaan ini pun akan meningkatkan jumlah pekerja sedikitnya menjadi 350 orang.

Adapun AH-64E dan CH-47F pesanan AU India, akan dikirimkan oleh Boeing mulai tahun depan.

RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *