Airbus Pamerkan Helikopter dengan Interior VIP Terbaru

airbus corporate helicopter

ANGKASAREVIEW.COM – Airbus Helicopters memperkenalkan helikopter terbarunya dengan tampilan VIP yang diberi nama Airbus Corporate Helicopters (ACH130). Walau pengembangannya tak banyak terdengar, namun Airbus mengklaim sudah akan mengirim unit ACH130 pertama kepada pemesannya.

ACH130 membuat penampilan publik pertamanya di gelaran European Business Aviation Convention & Exhibition (EBACE 2018).

Airbus mengatakan, heli tersebut dilengkapi dengan konfigurasi mewah yang terinspirasi oleh mobil balap. Penyelesaian berkualitas tinggi namun ringan membuat pesawat ini cocok untuk penggunaan tinggi namun tetap kenyamanan.

Baca juga:
Airbus Helicopters Tawarkan H135 Sebagai Platform Heli Latih US Navy
Airbus Helicopters Kirimkan Heli H145 ke-200 kepada Norwegia

Membawa hingga tujuh penumpang di kursi yang menghadap ke depan, ACH130 bermesin tunggal memiliki kecepatan tertinggi 130 knot dan mampu terbang selama empat jam non stop.

“ACH130 menggabungkan desain unik yang berfokus pada penumpang, kinerja mesin tunggal yang luar biasa dan kualitas dan kenyamanan kelas satu,” ujar Frederic Lemos, kepala ACH.

Salah satu pemesan terbanyak helikopter mewah ini adalah Monacair, sebuah perusahaan charter VIP yang berbasis di Monako. Operator itu saat ini telah memiliki delapan ACH-130 dan akan mengoperasikan ACH130 terbaru untuk pembeli yang dirahasiakan.

Auto Panther, maskapai charter asal Jepang juga telah menandatangani kontrak pemesanan pada bulan Februari lalu. Ini menjadikannya sebagai operator pertama di Jepang yang menggunakan helikopter tersebut. ACH130 rencananya akan digunakan untuk transportasi VIP perusahaan di Kagoshima.

Termasuk ACH130, setengah lusin model Helikopter Airbus tersedia dalam versi VIP, yaitu ACH125, ACH135, ACH145, ACH160 (dalam pengembangan), dan ACH 175.

Pada tahun 2017 perusahaan telah berhasil menjual 58 unit helikopter tersebut. “Ini mewakili lebih dari 50 persen pangsa pasar untuk helikopter dengan berat lebih dari 1,3 ton,” kata Lemos.

Ke depan, ACH160, helikopter super-medium generasi mendatang terbaru dari Airbus akan mendapatkan sertifikasi pada 2019 dan akan tersedia dengan interior VIP pada 2021.

Lima pesanan sudah diperoleh Airbus, empat unit merupakan pesanan dari sebuah maskapai charter asal AS. (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *