Fri. Jul 12th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Tinggalkan Yokosuka, Kapal Induk Nuklir USS Ronald Reagan (CVN 76) Bergerak ke Pasifik Barat

1 min read
US Navy

ANGKASAREVIEW.COM – Kapal induk nuklir milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AL AS) USS Ronald Reagan (CVN 76) mulai bergerak menuju kawasan Pasifik Barat dari markasnya di Yokosuka, Jepang. Kapal yang menjadi rumah bagi puluhan pesawat tempur dan helikopter itu meninggalkan Jepang pada Selasa (29/5/2018).

AL AS menyatakan, CVN 76 berlayar menuju kawasan Indo-Pasifik guna melaksanakan patroli rutin dan melaksanakan latihan dengan Armada Ketujuh AL AS. Kapal induk nuklir ini disertai oleh kapal perusak USS Mustin (DDG 89) dari kelas Arleigh Burke dan USS Antietam (CG 54) serta USS Chancellorsville (CG 62) dari kelas Ticonderoga.

Pengerahan CVN 76 ke kawasan Indo-Pasifik berselang dua hari setelah pelayaran ‘kebebasan bernavigasi’ yang dilakukan kapal perusak USS Higgins (DDG 76), 12 mil dari Kepulauan Paracel, Laut China Selatan.

Sementara seminggu sebelum itu, di Laut China Selatan AL AS menggelar latihan multinasional Rim of the Pacific (RIMPAC).

Komandan Gugus Tugas 70 Marc Dalton menyambut baik penugasan yang diberikan. Ia mengatakan, Grup Serang Ronald Reagan siap menjalankan perintah dengan penuh penghormatan terhadap bangsa dan seluruh kekuatan sekutu.

Belum diketahui berapa lama kapal induk nuklir kelas Nimitz itu akan melaksanakan patroli di kawasan Indo-Pasifik. USS Ronald Reagan (CVN 76) dibuat pada 12 Februari 1998 dan mulai bergabung dengan AL AS pada 12 Juli 2003. Kapal dengan panggilan Gipper ini mengusung motto “Peace Through Strength”.

(RON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *