Tue. Jun 18th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Kapal Perang Pesisir USS Manchester (LCS-14) Resmi Berdinas di Jajaran AL AS

3 min read
US Navy

ANGKASAREVIEW.COM – Kapal perang pesisir terbaru milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AL AS) USS Manchester (LCS-14) resmi berdinas. Upacara peresmian dinas littoral combat ship ketujuh kelas Independence (USS Independence – LCS-2) ini dilaksanakan di Portsmouth, New Hampshire, AS pada Sabtu (26/5/2018). Acara dihadiri 6.000 orang yang turut mengantar kapal ini berlayar menuju markasnya.

Dengan masuknya USS Manchester (nama kapal kedua yang digunakan AL AS) buatan Austal USA di Alabama, maka AL AS saat ini memiliki 12 kapal perang pesisir (LCS). Lima kapal lainnya adalah dari kelas Freedom (USS Freedom LCS-1) yang dibuat oleh Marinette Marine. AL AS sendiri telah mencanangkan pembuatan 30 unit LCS dengan nama-nama yang sudah ditetapkan.

USS Sioux City (LCS-11) dan USS Wichita (LCS-13) masih dalam proses uji sehingga USS Manchester (LCS-14) lebih dulu diresmikan pengoperasiannya.

Kedua belas LCS yang dioperasikan AL AS meliputi: USS Freedom (LCS-1), USS Independence (LCS-2), USS Fort Worth (LCS-3), USS Coronado (LCS-4), USS Milwaukee (LCS-5), USS Jackson (LCS-6), USS Detroit (LCS-7), USS Montgomery (LCS-8), USS Little Rock (LCS-9), USS Gabrielle Giffords (LCS-10), USS Omaha (LCS-12), dan yang terbaru USS Manchester (LCS-14).

Austal USA

Kapal Independence-class menggunakan desain modern trimaran berbahan alumunium. Dengan desain ini kapal memiliki kecepatan laju yang sangat tinggi. Kapal ini pertama kali didesain dan dibuat oleh General Dynamics Bath Iron Works sebanyak dua unit dan dilanjutkan produksinya oleh Austal USA. Independence-class mulai berdinas di AL AS sejak 16 Oktober 2010.

Mei menjadi bulan yang penting bagi LCS-14. Pada bulan ini ada tiga momen berkaitan, yakni pembaptisan nama USS Manchester (LCS-14) pada 7 Mei 2016, peluncuran pada 12 Mei 2016, dan mulai berdinas di jajaran AL AS pada 26 Mei 2016. Sementara peletakan lunas pertama kapal ini dilaksanakan pada 29 Juni 2015. Pembuatan USS Manchester disponsori oleh senator dari New Hampshire Jeanne Shaheen.

US Navy

Sementara kapal kelas Freedom yang dibuat oleh tim Lockheed Martin menggunakan desain lambung konvensional. Kapal ini diproduksi oleh Lockheed Martin melalui galangan kapal Fincantieri Marinette Marine di Wisconsin. USS Freedom (LCS-1) masuk dinas AL AS sejak 8 Oktober 2008.

Usai upacara, USS Manchester melaksanakan pelayaran jauh dinas pertamanya menuju markasnya di San Diego, California. Dalam pelayaran menuju rumahnya itu, USS Manchester melaksanakan berbagai pelatihan bagi 71 awaknya dan juga singgah di sejumlah pelabuhan serta di Terusan Panama.

USS Manchester (LCS-14) berbobot mati 797 ton. Kapal ini memiliki dimensi panjang 127,4 meter, beam 31,6 meter, dan draft 4,27 meter. Kapal ditenagai dua mesin turbin gas, dua mesin diesel, empat waterjet, dan empat generator. Kecepatan layar berada di kisaran 40 knot bahkan mampu digeber hingga 47 knot saat melakukan sprint. Jarak jelajah yang dapat ditempuh mencapai 4.300 mil laut (8.000 km) pada kecepatan 20 knot.

US Navy

Muatan kapal mencapai 210 ton. LCS-14 dilengkap Sea Giraffe 3D Surface/Air Radar, Bridgemaster-E Navigational Radar, dan AN/KAZ-2 EO/IR sensor untuk GFC, sistem perang elektronik EDO ES-3601 ESM, dan 4x SRBOC rapid bloom chaff launchers.

Kapal ini juga dilengkapi senjata laut berupa BAE Systems Bofors Mk 110 57mm, 4x .50 cal (dua di depan, dua di buritan), peluncur rudal SeaRAM, dan mission modules. Sementara pada dek di bagian buritan dapat membawa dua helikopter MH-60R/S Seahawk atau drone MQ-8 Fire Scout.

RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *