Duster 4X4 Berkelir Militer, SUV Bersenjata untuk AB Rumania

ANGKASAREVIEW.COM – Pabrik mobil asal Rumania, Dacia, menawarkan kendaraan taktis (rantis) ringan berbasis SUV (sport utility vehicle) terlaris Duster versi 4×4 untuk militer Rumania. SUV bersenjata ini ditampilkan dalam pameran Black Sea Defense & Aerospace (BSDA) 2018 yang diadakan di Bucharest ibukota Rumania pada 16-18 Mei lalu.

Konversi mobil penumpang menjadi rantis bersenjata ini dipercayakan pada RomTurungia. Sementara sistem senjata dipercakan pada UMB (Uzina Mecanica Bucuresti). Proses pengerjaannya diawasi langsung oleh Renault Technologie Roumanie (RTR). Seperti diketahui, sejak 1999 Dacia menjadi anak perusahaan dari grup otomotif Renault.

Meski terlihat tak ada perubahan, sesungguhnya bodi samping Duster berkelir militer ini telah mendapatkan proteksi tambahan untuk menghadapi terjangan peluru senjata kaliber kecil. Pelindung terbuat dari kevlar dilengkapi dengan pemakaian kaca antipeluru.

Sistem senjata kendali jarak jauhnya (RCWS) Agil buatan UMB dipasang pada dudukan rangka pipa tubular yang kokoh. Agil RCWS memiliki bobot 140 kg dan bersenjatakan senapan mesin kaliber 7,62 mm.

Istimewa

Operator senapan mesin duduk di kursi penumpang sebelah sopir yang mengoperasikan perangkat berupa layar kotak dengan kendali sistem joystick yang dikembangkan oleh perusahaan Rumania Digitalbit.

Sebagai basis adalah Dacia Duster tipe 4×4 atau AWD (all wheel drive) yang ditenagai mesin diesel berkapasitas 1.500 cc berdaya 110 hp digabungkan ke transmisi manual enam kecepatan. Fitur AWD dapat dikontrol melalui toggle switch yang memiliki tiga opsi pilihan berupa penggerak dua roda otomatis dan penggerak empat roda yang dapat dikunci secara manual.

Memiliki dimensi panjang 4,3 m, lebar 1,8 m, 1,6 m, berat kosong 1,2 ton, dan jarak antarporos roda sepanjang 2,6 m. Kapasitas penumpang rantis ini empat sampai lima orang dan tersedia ruang bagasi di belakang.

Dacia Duster 4×4 generasi 1 mulai dipasarkan pertama kali pada Maret 2010. Sementara generasi 2 diluncurkan pada Februari 2018 bersamaan dengan perayaan produksinya yang ke-1000.000 unit. Merk Dacia Duster di jual untuk wilayah Eropa, sedangkan Renault Duster untuk seluruh dunia.

Sentinelle Roumanie

Selama pameran BSDA 2018, Dacia juga memajang Duster tipe beroda rantai (track) bertapak karet yang sistemnya dikembangkan oleh perusahaan lokal ACF Industrie, sementara modifikasi unit termasuk rangka pipanya digarap oleh RomTurungia. Duster jenis track ini telah digunakan oleh Jandarmeria (Gendarmerie atau Polisi Militer) Rumania.

Proses penganggantian dari roda ke track hanya butuh waktu satu jam tanpa modifikasi khusus sehingga roda bisa dipasang ulang saat diperlukan. Ground clearance meningkat hingga 21 cm serta tekanan terhadap tanah menurun hingga 170 gr/cm persegi. Kecepatan maksimumnya dibatasi hingga 60 km/jam saja.

Yang cukup fantastis dari sistem track ini adalah harganya yang dibandrol 10.700 euro atau setara Rp178 juta. Harga ini sebanding dengan unit Dacia Duster tipe 4×4 yang di Rumania dilepas seharga 11.500 euro atau Rp192 juta.

RANGGA BASWARA SAWIYYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *