Bandara APT Pranoto Akan Dibuka Mulai Rabu Depan

Humas Prov Kaltim

ANGKASAREVIEW.COM – Pembangunan Bandara APT Pranoto Samarinda, Kalimantan Timur telah selesai dan siap melayani penerbangan reguler pada tanggal 24 Mei 2018 mendatang. Pihak pengelola bandara saat ini tengah melakukan uji operasional.

Hari Sabtu (19/5/2018) lalu, Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Temindung telah menggelar profing flight dengan mendaratkan pesawat milik Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan Kementerian Perhubungan.

Selanjutnya, hari ini UPBU Temindung berencana akan melaksanakan profing flight dengan pesawat milik X-press Air.

Baca juga:
Ini Dia Daftar 25 Maskapai dengan Penerbangan Internasional Termurah di Dunia
Wings Air Maskapai Pertama yang Take off-landing di Bandar Udara Tebelian

“Tinggal satu tes lagi. Esok (21/5/2018) ada penerbangan dari Temidung ke APT Pranoto menggunakan pesawat X-press Air. Ini sekaligus mengetes rute penerbangan mereka,” ucap Wahyu Siswoyo, Kepala UPBU Temindung Samarinda, Minggu (20/5/22018) seperti dilansir di laman Tribunnews.

Hingga saat ini rencana soft launching yang akan digelar hari Rabu mendatang masih sesuai jadwal. Di hari pertama operasional itu, X-press Air juga yang tercatat menjadi maskapai pertama yang mendarat di Bandara APT Samarinda.

X-press Air tercatat akan membuka layanan penerbangan dengan rute Tarakan-Tanjung Selor- Berau- Samarinda. Selain X-Press Air, Susi Air juga tercatat akan beroperasi di Bandara APT Pranoto.

Namun demikian, Wahyu mengatakan bahwa pihaknya masih memiliki pekerjaan rumah untuk mengundang maskapai besar beroperasi bandara tersebut. Harapannya, maskapai besar sudah melayani penerbangan pada masa mudik mendatang.

Salman Lumoindong, Kadishub Kaltim, menyatakan bahwa ia sudah berbincang dengan pihak maskapai Garuda Indonesia soal kemungkinan digelarnya penerbangan-penerbangan baru di Samarinda.

Ia menyebutkan, Garuda Indonesia menyambut positif rencana tersebut. Beberapa rute yang ditawarkan Garuda Indonesia adalah rute Samarinda-Jakarta, serta Samarinda- Makassar.

Wahyu mengamini rencana tersebut dengan mengatakan jika saat ini pihaknya telah menerima permintaan dari tiga maskapai untuk melayani penerbangan di Samarinda.

“Ada tiga yang sudah ajukan rute penerbangan. Pertama, Wings Air, kemudian NAM Air, serta Garuda Indonesia,” ucapnya. (IAN)

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *