Unit-unit Infanteri Laut Flotila Kaspia Terima BTR-82A

Russian MoD

ANGKASAREVIEW.COM – Unit-unit Infanteri Laut (Marinir) Flotila Kaspia AL Rusia telah menerima pengiriman gelombang pertama kendaraan angkut lapis baja (APC) BTR-82A. Demikian diumumkan Kementerian Pertahanan Rusia pada 10 Mei.

Sekira 30 APC tiba di Dagestan, Kaukasus Utara dari wilayah Kostroma Oblast dan selanjutnya menjalani uji coba di pangkalan militer. Pengiriman dilaksanakan menyusul selesainya pelatihan bagi para awak kendaraan tempur APC 8×8 ini.

BTR-82A merupakan versi peningkatan dari BTR-80. Di antaranya penggunaan spall liner (glass fiber) pada dinding kabin, lantai multilapis, kursi baru, suspensi penyerap energi guna melindungi awaknya, dan penggunaan sistem penglihatan malam modern TKN-4GA-02.

Senjata utama pada rantis ini adalah kanon 2A72 kaliber 30 mm plus dua senapan mesin tambahan. Instalasi senjata lain masih dimungkinkan juga pada rantis amfibi ini.

BTR-82A muncul pertama kali pada November 2009 dan terlihat dalam pertepuran di Suriah pada September 2015.

Setelah menerima pengiriman gelombang pertama, unit-unit Flotila Kaspia Marinir Rusia juga kembali akan menerima rantis berkapasitas tiga awak dan tujuh penumpang ini pada akhir Juni 2018.

Rusia juga akan mengintegrasikan remote controlled weapon station (RCWS) AU-220 Bajkal (Baikal) di BTR-82A ini dengan kanon laut AK-257 kaliber 57x348SR berkapasitas 120 putaran.

BTR-82 dapat melaju pada kisaran kecepatan 80-90 km/jam di darat dan 10 km/jam dalam posisi berenang di perairan. Jarak jelajah darat mencapai 600 km.

RONI SONTANI

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!