Inggris Namai Kapal Selam Nuklir Terbarunya HMS Agincourt (S125)

Ian Arthur

ANGKASAREVIEW.COM – Angkatan Laut Kerajaan Inggris (Royal Navy – RN) menamai kapal selam serang pemburu terbarunya HMS Agincourt (S125). Kapal ini merupakan kapal selam nuklir ketujuh dari kelas HMS Astute (Astute-class) sehingga disebut juga Astute Boat 7.

Enam kapal selam kelas ini sebelumnya adalah HMS Astute (S119), HMS Ambush (S120), HMS Artful (S121), HMS Audacious (S122), HMS Anson (S123), dan HMS Agamemnon (S124).

Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson mengumumkan penamaan HMS Agincourt (S125) pada Senin, 14 Mei 2018. Nama tersebut diambil dari Pertempuran Agincourt tahun 1415 dan telah digunakan pada lima kapal Inggris terdahulu.

Berbicara di hadapan para undangan dan media di galangan BAE Systems Maritime – Submarines di Barrow-in-Furness, Cumbria, Williamson menyatakan bahwa kementerian yang dipimpinnya telah menandatangani kontrak 1,5 miliar poundsterling untuk membangun kapal selam terbaru ini.

Pada kesempatan yang sama Menhan Inggris juga manandatangani kontrak senilai 960 juta dolar untuk fase kedua pembangunan kapal selam nuklir rudal balistik kelas Dreadnought serta meresmikan gendung baru konstruksi kapal selam senilai 100 juta dolar AS di pabrik Cumbria.

Investasi multi-miliar pound pada pembangunan kapal selam nuklir, kata Williamson, menunjukkan komitmen yang tinggi dari Pemerintah Inggris untuk menjaga wilayah negeri dari ancaman yang semakin meningkat.

Penandatanganan kedua kontrak, lanjutnya, juga dapat mempertahankan sekira 8.000 pekerjaan di galangan BAE Systems Maritime serta ribuan pekerjaan lainnya di seluruh rantai pemasok kapal selam Inggris.

Gedung seluas 26.700 meter persegi yang diresmikan, setara dengan 21 kolam renang ukuran olimpiade dan memiliki tinggi 45 meter atau setinggi 10 bus tingkat yang ditumpuk.

Gedung tersebut akan digunakan untuk menguji setiap bagian dari kapal selam kelas Dreadnought yang pembangunannya mulai memasuki tahap kedua.

Sebanyak empat kapal selam Dreadnought-class akan dibangun oleh BAE Systems Maritime – Submarines. Proyek kapal selam untuk menggantikan peran Vanguard-class ini dijadwalkan selesai pada 2028.

Sementara untuk HMS Agincourt (S125), dijadwalkan kapal ini masuk jajaran dinas AL Inggris tahun 2024.

RONI SONTANI

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!