Dirjen Hubud Instruksikan Perketat Pengamanan di Seluruh Bandar Udara di Indonesia

bandar udaraFery Setiawan

ANGKASAREVIEW.COM – Berkaitan dengan adanya serangan bom di beberapa lokasi di Surabaya, Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso menginstruksikan semua stakeholder penerbangan untuk memperketat pengamanan di semua bandar udara dan fasilitas penerbangan di seluruh Indonesia.

Hal ini karena bandara dan fasilitas penerbangan merupakan obyek vital nasional yang harus dijaga kualitas keselamatan dan keamanannya.

“Terutama bandar udara merupakan daerah yang banyak dikunjungi masyarakat. Apalagi ini menjelang bulan Ramadhan, di mana banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dengan transportasi udara,” ungkap Agus.

Baca Juga:

Ditjen Hubud dan ICAO Beri Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat Keamanan Penerbangan

Gagalkan Tindak Kriminal, Dirjen Hubud Apresiasi Kesigapan Avsec Bandara Pattimura

Selain itu, lanjut Agus, fasilitas penerbangan lain seperti radar, menara kontrol dan fasilitas lainnya juga harus dijaga, sehingga bisa berfungsi memberikan pelayanan keselamatan penerbangan dengan baik.

Agus juga mengingatkan agar dilakukan pengecekan yang ketat dengan tetap sesuai aturan keselamatan dan keamanan yang berlaku, baik untuk orang maupun barang yang akan menuju bandara dan diangkut pesawat terbang.

“Peralatan keamanan seperti cctv, x-ray serta personil keamanan harus disiagakan dan dipastikan bisa beroperasi dengan baik. Semua yang mencurigakan baik orang maupun barang harus segera dilokalisir di luar bandara,” tegasnya.

Agus juga menyampaikan pada semua stakeholder penerbangan untuk selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan baik secara internal. Sedangkan untuk internal, juga harus tetap bekerja sama dengan petugas yang berwenang seperti Polri, TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *