Penerbal Rusia Kerahkan Jet Tempur Su-30SM ke Suriah

jet tempurC4 Defence

ANGKASAREVIEW.COM – Sebuah detasemen dari Penerbal Rusia mengerahkan jet tempur Sukhoi Su-30SM Flanker-H menuju Lanud Khmeimim, Suriah. Pengerahan tersebut merupakan misi lintas batas negara pertama jet tempur multi peran tersebut.

Dua jet tertangkap kamera untuk pertama kalinya selama berlangsungnya kunjungan media ke pangkalan utama Rusia di Timur Tengah pada 21-22 April lalu. Kemudian pada 9 Mei, sesosok Su-30SM dengan corak khas Penerbal Rusia dipajang selama pawai Hari Kemenangan yang digelar di Lanud Khmeimim.

Sebuah satelit komersial juga menangkap keberadaan jet-jet tempur tersebut di Lanud itu enam hari sebelum parade digelar.

Baca Juga:

Semarak Parade Hari Kemenangan di Lapangan Merah Moskow

Belum Puas dengan Su-30SM, Rusia Modernisasi Lagi Penempur Kursi Ganda Ini

Belum diketahui secara pasti kapan pengerahan jet-jet tempur Penerbal Rusia itu dilakukan. Namun yang pasti, perawakan Su-30SM di pangkalan tersebut muncul dalam sebuah penayangan di dunia maya pada akhir Maret.

Meskipun jet tersebut memiliki kemampuan multi peran, namun tampang Su-30SM yang terunggah di dunia maya terlihat dikonfigurasikan untuk mengemban tugas operasi supremasi udara. Jet tersebut terlihat dilengkapi dengan Vympel NPO R-77 medium-range, active radar homing air-to-air dan Vympel R-73 short-range air-to-air missiles.

Pada Kamis (10/5/2018) lalu laman Jane’s 360 menyebutkan bahwa jet tempur Su-30SM yang dikerahkan tersebut kemungkinan berasal dari Skadron Udara Serang ke-43 Penerbal Rusia yang berbasis di Krimea.

Resimen tersebut berada di bawah komando Armada Laut HItam dan bertanggung jawab untuk operasi Al Rusia di wilayah Mediterania.

(ERY)

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!