F-22 Raptor Usir Tu-95 Bear dari Lepas Pantai Alaska

USAF

ANGKASAREVIEW.COM – Dua jet tempur siluman F-22 Raptor milik Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) mengusir dua pengebom strategis Tu-95 Bear milik AU Rusia di atas lepas pantai Alaska, Jumat pagi.

Juru Bicara Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara (NORAD) mengatakan hal itu dikutip Fox News, Sabtu.

“Pengebom jarak jauh Tu-95 Bear telah diintersep dan teridentifikasi secara visual oleh F-22 Raptor. Pesawat Rusia terbang di Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) sebelah utara Kepulauan Aleutian,” terang Mayor Andrew Hennessy.

ADIZ membentang 200 mil (322 km) dari garis dasar pantai dan sebagaian besar berada di wilayah udara internasional.

“Tidak pernah terjadi sebelumnya, pengebom Rusia memasuki wilayah kedaulatan udara Amerika Utara,” tambah Hennessy.

Secara terpisah, dua pejabat pertahanan yang tidak disebut namanya kepada Fox News mengatakan, pengebom Rusia Tu-95 berada 55 mil di pantai barat Alaska saat diintersep pada Jumat sekira pukul 10 pagi.

Setelah melakukan pencegatan, F-22 kemudian meminta Tu-95 meninggalkan ADIZ di sepanjang Kepulauan Aleutian menuju ke wilayah barat. Kedua jet tempur itu melakukan pengawalan hingga Tu-95 menjauh dari wilayah terlarang.

USAF

Sehari setelah itu, pada Sabtu, NORAD berulang tahun yang ke-60.

Aksi pencegatan oleh 2 F-22 kali ini terjadi menyusul tindakan ‘serupa’ yang dilakukan oleh Su-27 AU Rusia terhadap pesawat patroli maritim P-8 Poseidon milik Angkatan Laut Amerika Serikat di atas perairan Laut Baltik pada 2 Mei lalu. Su-27 mendekati P-8 yang sedang terbang di wilayah udara interansional dengan jarak sangat dekat, 20 kaki.

RONI SONTANI

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *