Fri. May 24th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Rayakan HUT ke-95, Aeroflot Tampilkan Corak Khusus Tradisional Rusia

1 min read
Mikhail Vakhneev

ANGKASAREVIEW.COM – Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-95, Aeroflot menampilkan corak khusus pada pesawat berikut seragam yang dikenakan para awaknya. Perayaan dilaksanakan di Bandara Sheremetyevo minggu lalu.

Sebelumnya, pada musim panas tahun lalu flag carrier Rusia ini telah menyelenggarakan kompetisi desain corak (livery) pesawat untuk merayakan HUT ke-95. Publik yang berminat mengikuti lomba desain ini diberi kesempatan mengunggah hasil karyanya di laman Aeroflot.

Setelah itu, dilakukan pemilihan terbuka berdasarkan banyaknya peminat (voting) untuk memilih sepuluh finalis. Dari situ kemudian dipilih pemenang oleh para juri yang telah ditunjuk termasuk keanggotaan direksi di dalamnya.

Terpilih sebagai pemenang adalah Ekaterina Lesik dengan desain putih dan biru menampilkan pola tradisional Rusia.

Sebuah pesawat Airbus A321 nomor registrasi VP-BEE pun diwarnai sesuai desain dari pola sang pemenang. Pesawat ini kemudian menyandang nama sutradara teater terkenal Yuri Lyubimov.

Setelah semua persiapan tuntas, pesawat pun mengudara melayani rute penerbangan Moskow – Yerevan pada 4 Mei 2018.

Aeroflot yang bermakna air fleet atau armada udara, didirikan pada 17 Maret 1923. Maskapai dengan kode SU (IATA) dan AFL (ICAO) serta tergabung dalam aliansi Sky Team ini, saat ini mengoperasikan 235 pesawat dan melayani penerbangan ke 146 kota di 52 negara.

RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *