Pesawat Sebesar 100 Lapangan Sepak Bola Ini Siap Terbang Pertama Kali

sivtelegram.media

ANGKASAREVIEW.COM – Pesawat terbesar di dunia yang pengembangannya didukung oleh pendiri Microsoft Paul Allen dan Vulcan Aerospace, direncanakan untuk menggelar penerbangan penuh pertama kalinya dalam beberapa bulan ke depan.

Pesawat yang dikenal dengan nama Stratolaunch ini memiliki dua kokpit dan enam mesin jet untuk lepas landas. Sayapnya terbentang sepanjang 117 meter.

Stratolaunch menggunakan enam mesin jet enam Pratt & Whitney PW4056 747. Pesawat memiliki bobot 580 ton ketika diisi penuh dengan muatan.

Dalam rencana pengembangannya, pesawat sebesar 100 lapangan sepak bola itu akan digunakan untuk meluncurkan roket dengan kode Black Ice, sebuah roket yang dapat digunakan kembali dengan ukuran yang sama dengan pengorbit antariksa NASA.

“Saya ingin melihat kami memiliki sistem yang dapat digunakan kembali dan memiliki operasi berulang mingguan, jika tidak lebih sering,” ungkap Allen kepada Washington Post.

Ketika ditanya tentang kemungkinan misi berawak, Allen mengatakan bahwa misi antariksa dengan awak itu sudah tertinggal. Saat ini semua orang fokus pada perjalanan antariksa tanpa awak.

“Tapi saya pikir Anda sudah melihat sekarang, selain misi memasok ulang ke stasiun luar angkasa, sebagian besar penerbangan ruang angkasa adalah dalam rangka meluncurkan satelit. Itulah kenyataannya,” tambah Allen.

Allen menargetkan, Stratolaunch yang saat ini sedang dalam persiapan akhir itu bisa melakukan penerbangan perdana musim panas ini.

Sampai saat ini, pesawat terbesar di dunia itu telah menjalani dua tes berjalan di apron dengan kecepatan tertinggi 45 km per jam hingga 75 km per jam. Tes selanjutnya adalah meluncurkan Stratolaunch lebih cepat hingga mencapai 222 km per jam, kecepatan yang diperlukan untuk berhasil lepas landas.

Menurut situs Stratolaunch, pesawat saat ini sedang dibangun di Mojave Air & Space Port di Gurun Mojave, California. Perusahaan ini menargetkan bisa mengoperasikan pesawat secara penuh pada tahun 2020.

Allen sendiri selain menggagas ide Stratolaunch telah terlibat dalam proyek penerbangan luar angkasa selama beberapa tahun. Dia mendanai SpaceShipOne, yang merupakan pesawat ruang angkasa swasta pertama yang membawa seorang warga sipil ke luar angkasa dan kembali ke Bumi. (IAN)

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!