Unit Jibom, Wanteror dan KBR Disiapkan untuk Maksimalkan Pengamanan Asian Games

jibomFery Setiawan

ANGKASAREVIEW.COM – Dalam apel kesiapan Korps Brimob Polri untuk pengamanan perhelatan Asean Games 2018, Komandan Pasukan Gegana Korps Brimob Polri Brigjen Imam Widodo menyebutkan bahwa Unit Penjinak Bom (Jibom), Unit Pelawanan Teror (Wanteror) dan Unit KBR (kimia, biologi, radio aktif) disiapkan untuk mengamankan di setiap venue pertandingan.

“Kalau untuk Brimob, dalam hal ini khususnya untuk Gegana, kita mempersiapkan Unit Jibom, Unit Wanteror dan Unit KBR. Setiap venue nanti akan kita atur sedemikian rupa, yang jelas unit-unit ini sudah ada semuanya, sudah kita rencanakan. Untuk angka kekuatannya nanti berkembang dengan situasi,” terangnya usai apel yang digelar di Lapangan Korps Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (23/4/2018).

jibomFery

Komandan Pasukan Gegana Brimob Polri, Brigjen Pol Imam Widodo (kanan) bersama Komandan Pasukan Pelopor Brigjen Pol Verdianto Iskandar (kiri) usai apel gabungan Korps Brimob Polri di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Senin (23/4/2018).

Ia menyebutkan, apel selenggarakan sekali dalam setiap bulannya. Namun manakala terjadi situasi yang membutuhkan konsentrasi, kita akan menyesuaikan waktunya untuk apel kesiap-siagaan.

“Jadi intinya, Korbrimob Polri ini adalah kekuatan power on hand-nya Bapak Kapolri (Jenderal Pol Tito Karnavian). Ini sebagai wujud tanggung jawab secara moral bahwa Korbrimob Polri siap untuk digerakkan. Tujuan dari apel kesiap-siagaan ini, Korbrimob siap untuk mengamankan NKRI dari Sabang sampai Merauke,” papar Imam.

Imam mengatakan selain Asian Games, Korps Brimob juga tengah mempersiapkan pengamanan untuk kegiatan IMF di Bali dan Pemilihan Presiden 2019 yang persiapannya telah dimulai dari tahun ini.

Baca Juga:

Bripda Ega Pesik, Gadis Belia Penjinak Bom Pasukan Gegana

Bangga dengan Korpaskhas, Brimob akan Belajar dan Berlatih Bersama Baret Jingga

“Yang jelas Polri dalam hal ini Korps Brimob Polri siap untuk memberikan pelayanan dan pengamanan kepada seluruh masyarakat dan bangsa Indonesia,” sebut Imam.

Imam juga membeberkan bahwa Korbrimob telah melakukan pengecekan di beberapa venue dan mereka sudah merencanakan beberapa kekuatan yang akan digelar di sana.

“Kita bekerja sama dengan Sat Brimob Daerah. Kita mencoba mengedepankan dari Sat Brimob Daerah, baik itu Pelopor maupun dari Gegana. Kita hanya memberikan backup, yang jelas masing-masing dari venue kita semaksimal akan memberikan pengamanan,” jelasnya.

Sementara terkait dengan pelatihan-pelatihan, Imam mengatakan bahwa hal itu diserahkan kepada Satuan masing-masing.

“Untuk Pasukan Gegana mempersiapkan beberapa unit Wanteror dan unit Jibom yang kita rencanakan kita plotitng di beberapa venue. Mulai dari Jakarta, Jawa Barat, kemudian Sumatera Selatan (Palembang),” pungkasnya. (ERY)

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!