Selamat Jalan Gunnery Lee, Prajurit Marinir Kebanggaan Amerika Serikat

AP

ANGKASAREVIEW.COM – Berita duka datang dari komunitas Marinir Amerika Serikat tiga hari lalu. Korps bersenjata tertua di Angkatan Bersenjata Paman Sam itu baru saja kehilangan sosok prajurit Marinir yang begitu monumental.

Ya, dia adalah Gunnery Sgt. R. Lee Ermey. Prajurit Marinir kebanggaan Amerika Serikat ini berpulang di usia 74 tahun pada 16 April 2018.

Gunnery Lee sangat terkenal pada tahun 1987 lewat perannya sebagai drill instructor dalam film Full Metal Jacket. Lee memerakan sosok Gunnery Sgt. Hartman yang memiliki watak keras dan digambarkan tidak memiliki belas kasihan saat mendidik Marines Grunt. Perannya begitu berarti dalam film tersebut, bahkan sangat menggambarkan sosok drill instructor dalam pendidikan Marinir sesungguhnya.

Ronald Lee Ermey dilahirkan di Kansas, Amerika Serikat pada 24 Maret 1944. Ia kemudian bergabung dengan Korps Marinir AS pada tahun 1960 dan mendapat tugas sebagai prajurit kombatan di Jepang dan dalam Perang Vietnam.

Setelah menyelesaikan tugas di kesatuannya, ia pun mencoba peruntungan di dunia film. Tercatat sekitar 124 film berhasil ia bintangi, mulai dari Toy Story, Serial TV Simpsons, Kung Fu Panda, Family Guy, SpongeBob SquarePants, X-Men, dan Apocalypse Now.

USMC

Selain itu Lee Ermey sangat dikenal di komunitas olahraga menembak di Amerika, bahkan sosoknya sering menjadi bintang iklan produk peralatan taktis. Walaupun sudah pensiun dari dinas militer aktif, Lee Ermey selalu memberikan dukungan kepada prajurit muda Marinir. Ia sempat mendatangi markas militer dan memberi semangat kepada Marinir Amerika sebelum berangkat ke medan perang.

Karena dedikasi yang begitu tinggi terhadap Korps Marinir, ia mendapat penghargaan Honorary Post Service dari satuan amfibi tersebut.

Selamat jalan Gunnery Lee “If you ladies leave my island, if you survive recruit training, you will be a weapon. You will be a minister of death“. (RND)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *