Pakistan Terima 4 Helikopter Serang Mi-35M Hind E dari Rusia

ANGKASAREVIEW.COM – Korps Penerbangan Angkatan Darat Pakistan (PAAC) telah menerima pengiriman empat helikopter serang Mi-35M Hind E dari Rusia. Daily Times mengutip Quwa menulis, heli diperkirakan diterima Pakistan pada awal April ini.

Sebelumnya, Islamabad dan Moskow telah menyepakati kontrak pembelian heli Mi-35M senilai 153 juta dolar AS termasuk suku cadang dan persenjataan.

Kesepakatan ditandatangani pada Juni 2016 dalam kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat Pakistan Jenderal Raheel Sharif ke Rusia. Kontrak ini merupakan kelanjutan dari kontrak pendahuluan yang ditandatangani di Pakistan pada Agustus 2015.

Heli serang Mi-35M merupakan varian ekspor dari Mi-24 Hind. Heli dibangun oleh pabrik Mil di Moskow sejak 2005. Heli ini dipersenjatai dengan kanon laras kembar GSh-23V kaliber 23mm, roket 80mm dan 120mm, serta rudal antitank berpemandu.

Beda dengan varian terdahulu, Mi-35M telah mengadopsi sistem avionik modern dilengkapi layar kaca multifungsi (MFD) di kedua kokpit depan dan belakang (tandem).

Sumber berita menyebut, Pakistan berencana membeli Mi-35M hingga 20 unit dalam tahun-tahun mendatang. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *