9 Mei, Rusia Akan Perlihatkan Rudal Balistik Terbaru Kinzhal dari MiG-31BM

Youtube

ANGKASAREVIEW.COM – Pasukan Kedirgantaraan Rusia (Russian Aerospace Forces) untuk pertama kalinya akan memperlihatkan kepada publik rudal balistik udara terbaru, KH-47M2 Kinzhal. Rudal bakal diusung oleh jet tempur MiG-31 Foxhound yang akan terbang melintas pada Pawai Hari Kemenangan Agung di Lapangan Merah, Moskow, 9 Mei mendatang.

Rusia telah menyiapkan sepasang MiG-31BM untuk tampil di acara memperingati kemenangan tentara Uni Soviet atas pasukan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II itu.

Panglima Pasukan Kedirgantaraan Rusia Kolonel Jenderal Sergei Surovikin dalam wawancara dengan TASS menjelaskan, rudal terbaru Kinzhal dirancang untuk menghancurkan sasaran pada jarak lebih dari 2.000 km sehingga memungkinkan pesawat peluncur berada di jarak yang aman.

Sumber dari industri militer Rusia menambahkan, Kinzhal dibangun dari basis varian rudal balistik darat 9M723-1. Rudal ini digunakan oleh sistem peluncur rudal balistik jarak dekat 9K720 Iskander-M. Rudal kemudian dimodifikasi sehingga bisa diluncurkan dari platform udara tanpa mengubah terlalu banyak pada rancangannya.

Youtube

Wakil Menteri Pertahanan Rusia Yuri Borisov mengatakan, rudal Kinzhal dapat menghancurkan beragam sasaran baik sasaran diam maupun sasaran bergerak termasuk kapal induk, kapal perusak, maupun kapal penjelajah.

KH-47M2 memiliki panjang tiga meter dan dilengkapi dengan mesin ramjet sehingga membuatnya melaju dengan kecepatan lebih dari Mach 4. Rudal hipersonik udara ke darat ini salah satunya disiapkan untuk melengkapi persenjataan Su-57. RONI SONTANI

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!