Sun. Jun 16th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Siap Dikirim Tahun ini, Boeing P-8A Poseidon ke-100 Masuk Tahap Perakitan Akhir

1 min read
BoeingGreg L. Davis

ANGKASAREVIEW.COM РSetelah berhasil mengirimkan 82 unit pesawat patroli maritim P-8A Poseidon kepada para pemesannya, Boeing kini tengah menyelesaikan perakitan akhir Poseidon yang ke-100. Pengerjaan dilaksanakan di fasilitas Boeing di Renton, Washington, Amerika Serikat.

Poseidon ke-100 yang merupakan pesanan Angkatan Laut AS (US Navy) rencananya akan dikirimkan pada musim gugur tahun ini. Boeing sendiri telah mengantongi 127 kontrak pengadaan P-8A bagi AL AS, Australia, Inggris, dan India sejak pesawat ini dipasarkan tahun 2011.

Selain negara yang telah disebut, tahun lalu Norwegia juga ikut memesan lima unit PA-8. Peluang lain kemungkinan datang dari Korea Selatan di mana Boeing ikut tender pengadaan pesawat patroli maritim di Negeri Ginseng tahun ini.

Pihak Boeing mengklaim, PA-8A memiliki berbagai keunggulan sebagai pesawat patroli maritim dan pemburu kapal selam. Pesawat ini juga memiliki kapasitas ruang/daya angkut perangkat lebih besar dari pesawat-pesawat kompetitornya.

Boeing menambahkan, kelebihan lain P-8A karena basisnya rangkanya merupakan keluarga pesawat B737 yang telah diproduksi lebih dari 10.000 unit. Dengan begitu, operator tidak akan kesulitan dalam hal perawatan dan bahkan mendapatkan keuntungan dari efisiensi yang ditawarkan pihak pabrikan.

PA-8A generasi terbaru telah menjalani peningkatan kemampuan, Increment 3, dan peningkatan kapasitas jaringan komunikasi sehingga dapat mengirim dan menerima data lebih besar.

Boeing Poseidon terbang perdana pada 25 April 2009 dan mulai digunakan AL AS tahun 2013. (RON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *