Fri. May 17th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

F-15K Korsel Jatuh, Dua Pilot Dinyatakan Tewas di Tempat

1 min read
nationalinterest.org

ANGKASAREVIEW.COM – Satu unit F-15 milik Angkatan Udara Korea Selatan jatuh pada Kamis sore (5/4/2018) waktu setempat di Provinsi Gyeongsang Utara, Korea Selatan.

Menurut data awal yang dihimpun Kantor Berita Ronhap, kedua pilot pesawat tempur F-15K itu dinyatakan tewas.

Pihak Angkatan udara mengatakan bahwa tubuh pilot yang duduk di kursi depan telah ditemukan. Namun, keberadaan kopilot masih belum diketahui dan pencarian akan dilanjutkan hari ini.

Baca juga:
F-15QA Milik AU Qatar Jadi Varian Tercanggih Strike Eagle Saat Ini
F-15 Saudi Rontok Dihajar Rudal R-27 Houthi

Pemerintah setempat mengatakan ada kabut tebal di daerah tempat kecelakaan itu terjadi.

Pesawat tempur F-15K yang berasal dari Lanud Daegu itu sedianya tengah menyelesaikan misi latihan rutinnya dan kembali ke pangkalan. Kecelakaan terjadi tidak lama sebelum pesawat mendarat. Pihak SAR setempat menemukan puing-puing pesawat di pegunungan Juhaksan.

Menurut kantor berita Yonhap, pesawat itu, jatuh di daerah Chilgok. Menurut beberapa saksi mata yang dimintai keterangan oleh kantor polisi terdekat, pesawat jatuh di gunung dan terdengar beberapa kali ledakan.

Polisi dan petugas pemadam kebakaran diarahkan ke lokasi kecelakaan pesawat.

Awalnya sempat terdengar isu yang menyebutkan jika pesawat tersebut adalah pesawat yang digunakan pada Slam Eagles 2018, program latihan bersama dengan Angkatan Udara AS. Namun pihak Angkatan Udara Korea Selatan mengklaim jika jet itu tidak terkait dengan latihan militer tersebut. (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *