Thu. May 16th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Z-11WB Kuang, Heli Intai Kawal Bersenjata Terbaru China

2 min read
Istimewa

ANGKASAREVIEW.COM – Lengkap sudah jajaran helikopter bersenjata hasil industri kedirgantaraan China. Mulai dari heli serang murni WZ-10 dan WZ-19, heli angkut medium bersenjata Z-9WA, dan terakhir adalah heli angkut ringan bersenjata Z-11WB.

Berbicara mengenai Z-11WB, di kelasnya sebagai helikopter intai kawal bersenjata akan bersaing keras dengan Airbus Helicopters AS555 Fennec 2 dan Boeing AH-6 Phoenix serta MD Helicopters 530MG Defender.

Heli Z-11WB dikembangkan menggunakan basis helikopter ringan ‘asli‘ buatan dalam negeri AC-311. Namun demikian pihak Barat menyebutnya sebagai tiruan Eurocopter AS350 Écureuil yang dulunya dibuat lisensi dengan nama Z-11 di era tahun 1990-an.

Proyek heli  AC-311 sendiri dikerjakan oleh Changhe Aircraft Industries Corporation (CAIC) anak perusahaan AVIC. Heli ini menjalani terbang perdana bulan November 2010 di Tianjin. Berdasar heli sipil ini pula kemudian dibuatkan versi bersenjatanya yang dinamai sebagai Z-11WB Kuang (Elang).

Istimewa
Istimewa

Prototipe Z-11WB menjalani penerbangan perdana tanggal 28 September 2015 di Jingdezhen. Selanjutnya dipamerkan kepada masyarakat umum untuk pertama kalinya dalam gelaran Airshow China bulan November 2016 di Zhuhai.

Heli berawak satu pilot dan bisa dimuati 4-6 pasukan bersenjata ini didapuk untuk melakukan dukungan tembakan dari udara dan pengintaian medan perang. Selain itu bisa dimanfaatkan dalam peran lainnya seperti kontra terorisme, kontra penyelundupan narkoba atau barang ilegal lainnya.

Z-11WB didukung oleh sebuah mesin turboshaft WZ8D buatan South Aeroengine Company. Mesin yang ditengarai sebagai jiplakan dari Turbomeca Arriel 2B1A ini memiliki daya 684 hp. Bisa dibesut hingga 278 km/jam, ketinggian terbang maksimumnya 5.240 meter dengan jangkauan mencapai 680 km.

Sebagai heli intai kawal bersenjata, Z-11WB dilengkapi bola elektro-optik dibawah dagunya. Tersedia enam cantelan senjata dengan pilihan berupa misil udara ke permukaan TL-2, AG-300/M, CM-502KG, Blue Arrow 7Red Arrow 8, serta misil udara ke udara TY-90. Di dalam kabinnya juga bisa membawa pelontar granat otomatis LG3 kaliber 40mm atau minigun enam laras CS/LM12 kaliber 7,62mm.

Istimewa
Istimewa

Yang cukup istimewa dari Z-11WB adalah kemampuannya membawa sebuah drone intai tak berawak SW-6 (Sky Wing 6) yang digantung di rak senjatanya. Drone sekali pakai bersayap lipat ini digunakan sebagai perpanjangan mata pilot saat mencari target musuh dalam medan perang, sehingga kehadirannya sulit dideteksi.

Meski telah diluncurkan dua tahun silam, elang pengintai bersenjata ini belum dipesan oleh Tentara Pembebasan Rakyat (PLA). Namun demikian seperti halnya produk alutsista China lainnya, Z-11WB tentunya akan menjadi pilihan yang menarik khususnya buat negara berkantong cekak di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. RANGGA BASWARA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *