Sat. Jun 15th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

AL AS Targetkan 20 Skadron Jet Siluman F-35C Beroperasi Tahun 2030

2 min read
USN

ANGKASAREVIEW.COM – AL AS menargetkan pengoperasian 20 skadron jet tempur F-35C Lightning II pada tahun 2030. Walau hingga saat ini belum ada skadron tempur operasional di lingkungan AL AS yang mengoperasikan pesawat ini, pihaknya tetap optimistis target tersebut bakal tercapai.

Juru Bicara AL AS Komodor Ron Flanders mengatakan hal tersebut di San Diego, Selasa.

Ditambahkan, saat ini para penerbang F/A-18E/F Super Hornet Skadron Tempur Serang (VFA) 147 “Argonauts” telah melaksanakan transisi ke F-35C.

Bulan lalu, mereka juga telah melaksanakan uji kualifikasi kapal induk menggunakan F-35C di USS Abraham Lincoln (CVN 70) di kawasan Samudera Atlantik.

Hal yang sama telah dilakukan sebelumnya oleh VFA-101 “Greem Reapers ” dan VFA-125 “Rough Raiders” sebagai Fleet Replacement Squadron (FRS) yang melatih para pilot Angkatan Laut dan Korps Marinir AS.

Proses transisi para pilot dari pesawat Super Hornet ke F-35C di VFA-147 secara teknis dimulai pada Desember 2017. Proses transisi dilaksanakan usai mereka bertugas selama enam bulan di kapal induk kelas Nimitz dan kembali ke Lemoore.

Dijadwalkan, pada Oktober tahun ini Stasiun AL AS di Lemoore, California sudah memulai babak baru dengan mengoperasikan F-35C. Paling lambat Februari tahun depan kemampuan awal operasional (IOC) pesawat ini dapat tercapai.

“Itulah terakhir kalinya mereka menerbangkan Super Hornet. Para pilot selanjutnnya melaksanakan transisi ke F-35 baik di Pangkalan Udara Eglin maupun di Lemoore. Pelatihan simulator dilaksanakan di Lemoore,” jelasnya.

Skadron Tempur Serang 147 menjadi skadron operasional pertama dan satu-satunya saat ini yang mengoperasikan F-35C di lingkungan AL AS dengan jumlah empat unit. AL AS sendiri berencana mengakuisisi 273 F-35C guna menggantikan peran Super Hornet.

Meski demikian, baru pada tahun 2021 skadron tempur serang F-35C ini ditargetkan dapat beroperasi secara penuh dan ikut dalam penugasan di kapal induk USS Carl Vinson (CVN 70). (RON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *