Sun. Jul 21st, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Liaoning Tertangkap Satelit Sedang Lakukan Latihan Besar, China Mengelak

2 min read
Xinhua

ANGKASAREVIEW.COM – Kapal induk China tertangkap citra satelit sedang mengambil bagian dalam sebuah latihan angkatan laut berskala besar bersama dengan belasan kapal perang lainnya di Laut Cina Selatan.

Dalam foto-foto yang diambil oleh Planet Labs Inc. itu terlihatm kapal induk Liaoning berada di tengah 40 kapal perang lain yang berlayar berjajar di sebelah selatan pulau provinsi Hainan, China, Senin (26/3/2018).

Kementerian pertahanan China menolak untuk mengkonfirmasi apakah Liaoning benar-benar mengambil bagian dalam latihan minggu ini, tetapi para pengamat militer mengatakan kapal induk Liaoning dapat dengan diidentifikasi.

Baca juga:
Kapal Induk Terbaru AL Inggris Siap Beroperasi Bulan Depan
China Southern Airlines Belanja 30 Boeing 737 MAX untuk XiamenAir

James Char, seorang ahli militer di Nanyang Technological University Singapura mengatakan kepada AFP, enam kapal selam dan dua jet tempur J-15 dalam “parade” itu.

“Namun formasi ini tidak mungkin digunakan dalam situasi pertempuran yang sebenarnya,” katanya.

Pertunjukan kekuatan itu muncul beberapa hari setelah Taiwan mengatakan bahwa Liaoning dan kapal lain telah melewati Selat Taiwan pada 20 Maret lalu, tepat di hari yang sama ketika Presiden China Xi Jinping memperingatkan setiap upaya persatuan dengan China.

Dalam gambar lain yang diambil oleh Planet Labs pada hari Selasa, Liaoning terlihat di selatan Yulin Naval Base, pulau Hainan, tetapi tidak lagi dalam formasi dengan kapal lain.

Juru bicara kementerian pertahanan Ren Guoqiang menegaskan, angkatan laut China telah melakukan latihan “rutin” di Laut China Selatan untuk meningkatkan “kemampuan perang” militer.

“Latihan itu tidak ditargetkan untuk menyerang negara atau target tertentu,” kata Ren kepada wartawan, tanpa menyebutkan berapa banyak dan kapal mana yang terlibat.

Selain angkatan laut, angkatan udara China juga mengumumkan bahwa pesawat pembom H-6K dan jet tempur Su-35 telah berpartisipasi dalam misi patroli tempur bersama di Laut China Selatan.

Pemerintah China awal bulan ini mengumumkan peningkatan anggaran militer sebesar 8,1 persen 1,11 triliun yuan (175 miliar dolar AS). (IAN)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *