Thu. May 16th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Setelah Digunakan KT-1 dan T-50, Korea Kembali Pilih Kursi Lontar Martin-Baker untuk KF-X

1 min read
KAI

ANGKASAREVIEW.COM – Pabrikan kursi lontar (ejection seat) ternama dari Inggris, Martin-Baker, kembali terpilih sebagai pihak penyuplai kursi penyelamat pilot pada pesawat tempur generasi terbaru Korea Selatan, KF-X.

Korea Aerospace Industries (KAI) sebagai pembuat KF-X melalui rangkaian kompetitif telah menetapkan pilihan pada kursi lontar Mk18 buatan Martin-Baker. Keputusan ini sekaligus memperpanjang hubungan kerja sama KAI dengan Martin-Baker.

Sebelumnya, KAI juga telah memilih pabrikan yang sama untuk menyuplai kursi lontar bagi pesawat latih dasar KT-1 Woong Bee dan jet latih lanjut T-50 Golden Eagle.

Wakil Presiden Pengembangan Bisnis dan Pemasaran Martin-Baker, Andrew Martin, menyatakan rasa bangga dan terhormat pihaknya kembali terpilih oleh KAI.

“Sejak kursi lontar kami menyelamatkan nyawa pilot pertama pada 70 tahun lalu, hingga saat ini kurang lebih 7.563 pilot di seluruh dunia telah terselamatkan nyawanya melalui kursi lontar Martin-Baker,” jelasnya.

Laman Martin-Baker menyebut, kursi lontar Mk18 yang dipilih untuk KF-X nantinya sama dengan kursi lontar yang saat ini digunakan oleh salah satu kontestan pesawat jet latih untuk USAF.

Martin-Baker berkantor pusat di Denham, Inggris dengan jumlah karyawan mencapai seribu orang. Produk kursi lontar Martin-Baker telah digunakan di 56 jenis pesawat berbeda di 90 negara. Sekira 17.000 kursi lontar Martin-Baker saat ini masih digunakan dalam operasional pesawat. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *