Changi Airport Bandara Terbaik di Dunia, Soekarno-Hatta Urutan ke-45

Changi Airport

ANGKASAREVIEW.COM – Changi Airport atau Bandara Changi, Singapura kembali terpilih meyandang gelar sebagai bandara terbaik di dunia tahun 2018. Penghargaan ini diberikan oleh Skytrax dalam ajang Skytrax World Airport Awards di Stockhom, Swedia, Rabu lalu.

Bukan untuk pertama kali, Bandara Changi berhasil mempertahankan gelar ini selama enam tahun berturut-turut mengalahkan bandara-bandara beken lainnya di dunia. Penghargaan ini juga merupakan yang kesembilan kalinya diraih Changi Airport dalam dua dekade terakhir.

Urutan 10 Bandara Internasional Terbaik 2018 menurut Skytrax:

  1. Singapore Changi Airport
  2. Incheon International Airport (Seoul, South Korea)
  3. Tokyo International Airport (Haneda)
  4. Hong Kong International Airport
  5. Hamad International Airport (Doha, Qatar)
  6. Munich Airport (Germany)
  7. Chubu Centrair Nagoya (Japan)
  8. London Heathrow Airport
  9. Zurich Airport (Switzerland)
  10. Frankfurt Airport (Germany)

CEO Skytrax Edward Plaisted mengatakan, prestasi yang diraih Changi Airport selama enam tahun berturut-turut menunjukkan bahwa bandara ini memiliki popularitas yang tinggi di kalangan para pelaku perjalanan.

Sebagaimana diketahui, pemilihan peringkat terbaik beragam kategori yang dibuat oleh Skytrax didasarkan pada hasil survei pilihan jutaan penumpang pesawat udara. Penghargaan Skytrax oleh sebagian besar kalangan kadang dianalogikan sebagai penghargaan “Oscar” bagi para pelaku industri penerbangan.

Istimewa

Bandara Changi tahun lalu melayani 60 juta penumpang dari sekira 100 negara. Dalam satu pekan di bandara ini terdapat 5.000 pergerakan pesawat baik kedatangan maupun keberangkatan dan terhubung ke 200 kota tujuan.

Dilihat dari daftar 10 bandara terbaik di dunia, Bandara Internasional Incheon Seoul, Korea Selatan naik ke peringkat kedua dari peringkat ketiga tahun lalu sekaligus menggeser Bandara Internasional Haneda, Tokyo yang turun ke peringkat ketiga.

Meski demikian, tiga peringkat pertama bandara terbaik di dunia masih dipegang oleh negara-negara di kawasan Asia. Bahkan peringkat keempat dan kelima juga diraih oleh dua negara di kawasan Asia.

Bandara yang juga naik peringkat tahun ini adalah Hamad International Airport, Doha, Qatar yang naik ke peringkat kelima dari sebelumnya bertengger di peringkat keenam.

Sementara Bandara Munich, Jerman tahun ini melorot ke peringkat keenam dari sebelumnya di peringkat keempat. Meski demikian, Munich masih menyandang sebagai bandara internasional terbaik di kawasan Eropa.

Lalu bagaimana dengan Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Indonesia? Dari daftar peringkat 100 bandara internasional terbaik Skytrax 2018, bandara kebanggaan Republik Indonesia ini bertengger di urutan ke-45, melorot satu peringkat dari pencapaian tahun lalu.

Di urutan ke-44 terdapat Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia yang melorot sepuluh peringkat dari peringkat ke-34 tahun lalu. RONI SONTANI

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!