Semarak Parade Militer pada Perayaan Hari Pakistan 2018

The Nation
ROE

ANGKASAREVIEW.COM – Pakistan merayakan Hari Nasional (National Day) atau Hari Pakistan (Pakistan Day) 2018 di Islamabad, Jumat (23/3/2018). Perayaan diisi dengan parade militer Negeri Seribu Cahaya menampilkan sejumlah alutsista yang dimiliki.

Hari Nasional diperingati merujuk pada Resolusi Lahore pada 23 Maret 1940 ketika Liga Muslim Seluruh India meminta pemisahan negara untuk kelompok muslim dari kolonialisme kerajaan Inggris di India.

Parade militer alutsista milik AD, AU, dan AL Pakistan di hadapan Presiden Pakistan Mamnoon Hussain dan Perdana Menteri Pakistan Shahid Khaqan Abbasi. KSAU Pakistan Marsekal Mujahid Anwar memimpin terbang lintas pesawat dan memberikan penghormatan kepada presiden.

AP
The Nation
The Nation
The Nation
Istimewa

Selain alutsista milik militer dalam negeri, turut serta tiga helikopter T129 ATAK milik AD Turki memeriahkan acara. Pakistan dan Turki saat ini tengah menuju perundingan akhir jual-beli 30 helikopter serang ATAK.

Sejumlah persenjataan rudal juga ditampilkan dalam parade, yaitu rudal NASR, Shaheen, Ghauri, dan Babur.

The Nation
The Nation

Tidak hanya alutsista yang dipamerkan, sejumlah pasukan dari tiga matra, batalion mujahid, pasukan khusus, dan pasukan pengawal presiden turut serta dalam parade. Selain dari dalam negeri, pasukan dari Uni Emirat Arab dan Jordania turut tampil dalam defile. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *