Patroli dan Latihan Perang, China Kerahkan Su-35 dan Kapal Induk Liaoning ke LCS

PLAAF

ANGKASAREVIEW.COM – Untuk pertama kali di tahun 2018 China mengerahkan kekuatan Angkatan Udara (PLAAF) dan Angkatan Laut (PLAN) untuk melaksanakan misi patroli dan latihan perang di kawasan Laut China Selatan (LCS).

PLAAF menyebut, pengerahan Su-35, Su-30, dan juga pembom H-6K adalah untuk melaksanakan misi patroli tempur sekaligus high-sea training di kawasan Pasifik Barat dan kemudian dilanjutkan ke kawasan LCS.

PLAAF

Sementara itu PLAN, Minggu (25/3), menyatakan akan melaksanakan latihan tempur di Laut China Selatan dalam beberapa hari ke depan. Kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk latihan rutin dan tidak ditujukan secara spesifik terhadap negara atau target tertentu.

Pengumuman rencana latihan dikeluarkan dua hari setelah pihak otoritas pertahanan Taiwan mendeteksi adanya kapal induk AL China, CNS Liaoning dan CNS Hulun Lake berlayar melintasi Selat Taiwan.

Seorang pengamat AL AS kepada China Daily mengatakan, PLAN tampaknya ingin menguji kemampuan tempur atau kapabilitas dari gugus kapal induk Liaoning secara nyata di Laut China Selatan.

PLAN

Sebelumnya, pada awal bulan ini dua kesatuan Korps Marinir PLA mengerahkan 10.000 personel pasukannya guna melaksanakan latihan tempur melintasi jarak 2.000 km. Latihan tersebut merupakan yang terbesar dikerahkan Korps Marinir China.

Untuk latihan perang di LCS, China tidak menyebutkan secara detail kapan dan berapa lama Liaoning akan melaut di kawasan yang potensial menimbulkan konflik intensitas tinggi itu. (RON)

Bagikan ini :

One Response to Patroli dan Latihan Perang, China Kerahkan Su-35 dan Kapal Induk Liaoning ke LCS

  1. herman says:

    Latihannya ga terbuka ya ? Ga ada pengamat asing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!