Arab Saudi Akan Borong 48 Unit Jet Tempur Typhoon

ANGKASAREVIEW.COM – Arab Saudi telah memperkuat penantian panjangnya terkait pengadaan 48 unit jet tempur Eurofighter Typhoon yang ditandai dengan penandatanganan penjajakan (memorandum of intent/ MoI) pada Jum’at (9/3/2018) lalu.

Penandatanganan penjajakan tersebut pun telah dipublikasikan oleh BAe Systems dalam sebuah pemberitahuan di bursa saham London (London Stock Exchange). Hal tersebut berarti telah ada kesepakatan resmi yang dilakukan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad Bin Salman Al Saud dan Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson dalam pertemuan di Royal Air Force (RAF) Northolt yang terletak di utara Kota London.

Penambahan hampir 50 armada Typhoon tersebut diperkirakan akan memakan waktu, karena masih terdapat suara-suara kontroversi terkait keterlibatan Arab Saudi dalam perang yang terjadi di Yaman.

Dalam kunjungan Mohammad Bin Salman ke pangkalan Angkatan Udara Inggris tersebut sama sekali tidak disebutkan nilai kontrak dan waktu pengiriman pengadaan pesawat tempur tersebut.

Baca Juga:

Bulgaria: Antara Super Hornet, Gripen, Typhoon, atau F-16

Qatar Belanja 24 Eurofighter Typhoon Senilai 6,7 Miliar Dolar AS

Seperti diketahui, negara bandar minyak terbesar di Timur Tengah ini memesan 72 unit pesawat tempur Typhoon varian Tranche 2 pada tahun 2007 silam yang nilai kontraknya diperkirakan mencapai 20 miliar Poundsterling atau setara dengan 41 miliar dolar AS.

Sontak nilai tersebut menjadi salah satu kontrak pengadaan alutsista terbesar yang pernah ditandatangani. Di bawah kesepakatan tersebut, 24 unit pesawat tempur gelombang pertama yang dibangun Bae Systems di fasilitas produksinya di Warton. Sedangkan sisanya sebanyak 48 unit akan dibangun di fasilitas pabrik pesawat Saudi, Al Salam Aircraft Company.

Rencana tersebut tidak membuahkan hasil. Bagaimanapun, 72 pesawat tersebut dibangun di Inggris dengan dalih pemberian dukungan semumur hidup terhadap armadanya.

Dengan penambahan 48 unit pesawat tempur tersebut, jumlah total jet tempur Eurofighter Typhoon besutan BAe System yang akan dimiliki Arab Saudi mencapai 120 unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *