STPI Curug Siap Didik Taruna Dengan Kompetensi yang Dibutuhkan Jika Jalur Selatan Dibuka

stpi curugSuharso Rahman

ANGKASAREVIEW.COM –Dari segi personel nanti akan dibicarakan oleh Direktorat Navigasi Penerbangan Kemenhub dan AirNav Indonesia, bagaimana kesiapan terkait SDM di lapangan. Dari segi STPI Curug, kami siap untuk mendidik mereka yang akan memberikan pelayanan di wilayah tersebut. Demikian diungkapkan Ketua Jurusan Keselamatan Penerbangan (Kespen) Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug Wahyu Kurniawan, S.E, M.M di sela-sela waktu saat berlangsungnya seminar nasional yang diselenggarakan Himpunan Taruna Jurusan Kespen STPI di Tangerang, Kamis (1/3/2018).

Seminar Nasional tentang Pengelolaan Navigasi Penerbangan Indonesia ini mengangkat tema tentang tinjauan efektifitas rute penerbangan jalur selatan serta pengambilan ruang udara sektor A, B dan C serta dampaknya terhadap perekonomian, pertahanan dan kedaulatan nasional.

Wahyu menjelaskan, dengan diadakannya acara ini, memang salah satu bentuk upaya Himpunan Taruna Jurusan Kespen untuk memperkaya kaidah-kaidah tentang hukum dan kondisi kontemporer di dunia penerbangan nasional, khususnya terkait dengan tema yang diusung, yakni mengenai flight information region (FIR) A, B dan C yang telah lama dikelola oleh Singapura dan Malaysia dan jalur selatan Pulau Jawa.

Baca Juga:

Komisi V DPR RI Akan Dukung Kebutuhan Body Scanner dan Simulator Baru di STPI

Gelar Seminar Nasional, Himpunan Taruna Jurusan Kespen STPI Bahas Pengambilan FIR A B C

“Untuk STPI Curug sendiri, kita siap mendidik mereka yang nantinya akan melakukan (pekerjaan) itu. Untuk siswa ATC kita ada sekitar 100an orang yang mudah-mudahan akan siap untuk ditempatkan di wilayah tersebut. Untuk berapa jumlah SDM yang dibutuhkan, nanti dari pihak Direktorat Navigasi dan AirNav yang akan menjelaskan berapa kebutuhannya,” terang Wahyu.

Tak hanya mendidik taruna, menurut Ketua STPI Curug Capt. Novyanto Widadi, S.AP, MM bila dua rencana itu terlaksana, sekolah penerbangan yang ia pimpin juga siap untuk mendidik siswa dari personel AirNav Indonesia yang sudah bekerja (existing) untuk ditingkatkan lagi kemampuannya sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.

“Jadi tugas kami mempersiapkan (SDM) di bidang pendidikan. Kursusnya kita ada banyak sekali. Terutama yang terkait dengan teknologi yang digunakan saat ini, misalkan satelit teknologi, data link dan sebagainya,” papar Ketua STPI Curug.

Dengan pembekalan wawasan yang masif ini, ia berharap lulusan Jurusan Kespen STPI Curug tetap terus bisa terserap seluruhnya.

Alhamdulillah untuk Jurusan Navigasi dan Keselamatan Penerbangan cenderung terserap sebelum mereka (taruna) lulus. Belum lulus mereka sudah diambil,” tutup Capt. Novyanto. (ERY)

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!