Satelit Israel Pastikan Su-57 ‘Nongkrong’ di Pangkalan Udara Khmeimim Suriah

Su-57iSi

ANGKASAREVIEW.COM – Simpang siur kebenaran pengerahan jet tempur generasi kelima Su-57 oleh Rusia ke Suriah terjawab sudah. Adalah satelit milik operator Israel yang memastikan bahwa benar 2 Su-57 tampak sedang ‘nongkrong’ di Pangkalan Udara Khmeimim, Suriah. Demikian ditulis Russian Aviation, (25/2/2018).

Satelit EROS-B milik operator iSi (ImageSat International) melaporkan sejumlah kendaraan tempur berada di pangkalan yang menjadi basis kekuatan Rusia di Suriah, Khmeimim Air Base. Dari sejumlah deretan jet tempur yang berhasil dijepret EROS-B, dua di antaranya adalah benar Su-57.

iSi

Berita dikerahkannya Su-57 ke Suriah pertama kali beredar di media sosial pada 21 Februari lalu. Pengunggah juga menyertakan video singkat atas penampakan 2 Su-57 tersebut walau tidak terlalu jelas.

EROS-B (Earth Remote Observation System-B) merupakan satelit observasi Bumi buatan Israel Aircraft Industries (IAI). Turunan kedua satelit EROS ini diluncurkan pada 25 April 2006 dari Kompleks Peluncuran Satelit Svobodny, di Siberia timur, Rusia. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *