Thu. May 23rd, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Persahabatan di Udara, Duet Maut Tim Aerobatik Jupiters & Black Eagles

1 min read
Black Eagle

ANGKASAREVIEW.COM – Dalam salah satu ajang pameran kedirgantaraan terbesar di Asia, Singapore Airshow 2018 yang baru saja berlalu, dua tim aerobatik dunia turut mengisi acara flying display. Mereka adalah Black Eagles dari Korea Selatan dengan jet latih T-50B dan The Jupiters (JAT) dari Indonesia menggunakan pesawat latih KT-1B. Kedua pesawat merupakan buatan pabrik Korea Aeropace Industries Ltd (KAI), Korea Selatan.

Sayangnya, di hari pertama Singapore Airshow 2018 yakni tanggal 6 Februari 2018, terjadi insiden pecah ban satu pesawat T-50B saat sedang meluncur untuk proses lepas landas. Kejadian itu membuat pesawat Tim Elang Hitam tersebut terguling dan terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Atas kejadian yang tidak diharapkan itu, Black Eagles pun menarik diri dan tidak melanjutkan pertunjukan untuk hari itu dan selanjutnya.

Akhirnya, panitia acara meminta JAT untuk mengisi tarian udara tiap hari selama pameran yang berlangsung hingga 11 Februari 2018.

Sejatinya kedua tim aerobatik, baik Black Eagles maupun JAT, pernah bertemu dalam ajang Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) tahun lalu. Dalam pameran yang berlangsung pada 21-25 Maret 2017 di Langkawi, Malaysia itu bahkan kedua tim “kakak-adik” sempat melakukan Penerbangan Persahabatan antarkedua negara untuk membentuk beberapa formasi indah di udara yang sedap di pandang mata. RANGGA BASWARA

Black Eagles
Black Eagles
Black Eagles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *