Harumkan Nama Bangsa, TNI AU Akan Pertahankan Keberadaan JAT

Dispenau

ANGKASAREVIEW.COM – TNI Angkatan Udara akan mempertahankan keberadaan Jupiter Aerobatic Team (JAT) sebagai tim aerobatik milik TNI AU sekaligus menjadi Duta Bangsa dalam ajang-ajang kedirgantaraan tingkat internasional.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M, mengatakan hal itu usai memimpin upacara pemberian Pin dan Piagam Penghargaan kepada JAT di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Ditambahkan, TNI AU bahkan akan membuat flight tersendiri agar JAT dapat lebih fokus berlatih dan tidak dibebani tugas-tugas instruktur. “Sehingga kita harapkan dapat tampil pada event internasional yang lebih besar,” ujar KSAU.

Pemberian penghargaan diberikan KSAU kepada JAT setelah tampil di pameran kedirgantaraan internasional, Singapore Airshow 2018, di Changi Exhibtion Centre, Singapura pada 6 – 11 Februari.

Penampilan JAT pada ajang dua tahunan itu telah membawa harum nama Indonesia. JAT yang bermarkas di Skadron Pendidikan (Skadik) 102 Lanud Adisutjipto Yogyakarta ini selalu mencuri perhatian publik.

“Apresiasi yang kita berikan kepada JAT bukan mengada-ada, karena beberapa dari Kepala Staf Angkatan Udara negara sahabat yang juga hadir di lokasi memberikan apresiasi tinggi terhadap penampilan JAT,” tambah Yuyu.

Pada penampilannya di Singapore Airshow 2018, punggawa JAT terdiri dari Mission Commander Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, Jupiter (J-1) Letkol Pnb H.M “Razor” Kisha (Leader), J-2 Mayor Pnb Idham “Godam” Satria, J-3 Kapten Pnb Dika “Kingkong” Mahendra, J-4 Mayor Pnb Iwan “Gobang” Setiawan, J-5 Letkol Pnb Marcelius “Liger” Kilat Dirgantara dan J-6 Letkol Pnb Frando “Fenec” Marpaung. (RON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *