Singapura Sudah Terima Semua Heli S-70B Seahawk Pesanannya

Roni Sontani

ANGKASAREVIEW.COM – Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) sudah menerima semua helikopter Sikorksy S-70B Seahawk pesanannya. Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF) menyatakan hal itu sebagaimana dikutip Jane’s (10/2).

Salah satu helikopter versi Angkatan Laut ini dipamerkan secara statik dalam pelaksanaan Singapore Airshow 2018 pada 6-11 Februari lalu. Heli yang diberi nomor ekor 253 ini diperkirakan dikirim ke Singapura pada Januari lalu.

Pembelian heli SH-60/S-70B Seahawk dilaksanakan oleh Singapura mulai tahun 2005 sebanyak enam unit. Pesanan kemudian ditambah dua unit pada 2013 sehingga total menjadi delapan unit.

S-70B milik RSAF diawaki oleh empat orang. Terdiri dari dua pilot, satu operator sensor (SENSO), dan satu perwira pembantu koordinasi taktis (TACCO) dari Angkatan Laut Republik Singapura (RSN).

Pengalihan operasional heli RSN kepada RSAF merupakan konsep Peace Triton Detachment yang dituangkan tahun 2010. Prinsipnya, RSN dan RSAF bekerja melaksanakan misi terpadu.

Awak SENSO mengoperasikan sistem komunikasi lautan jarak jauh sonar aktif L-3 HELRAS, sementara TACCO memonitor radar deteksi dan pengamatan maritim teleponik AN/APS-143(V).

Heli S-70B RSAF juga dilengkapi dengan torpedo ringan antikapal selam A244/S buatan Leonardo dan perlengkapan bantuan perang permukaan berupa perangkat optik elektro dan infra merah (EO/IR) AN/AAS-44 yang ditempatkan di bagian hidung serta sistem penanda laser. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *