Black Eagle Off, Panita Singapore Airshow Minta JAT Tampil Tiap Hari

Roni Sontani

ANGKASAREVIEW.COM – Pascainsiden pecah ban satu pesawat T-50 dari Black Eagle (ROKAF) di hari pertama penyelenggaraan Singapore Airshow 2018 yang menyebabkan tergulingnya pesawat tersebut, Selasa (6/2), AU Korea pun memutuskan untuk tidak meneruskan (off) penampilan tim aerobatik berjuluk Elang Hitam.

Tidak tampilnya Black Eagle, praktis Singapore Airshow 2018 sepenuhnya bertumpu pada satu tim aerobatik yang lain, yakni Jupiter Aerobatic Team (JAT) atau The Jupiters dari TNI Angkatan Udara. Padahal, di jadwal pameran telah dibuat pengaturan bahwa kedua tim aerobatik (Black Eagle dan JAT) akan tampil saling mengisi bergantian pada hari-hari tertentu selama pameran dilaksanakan.

Baca juga: (Video) Detik-Detik Insiden Black Eagles di Singapore Airshow 2018

“Dengan tidak tampilnya Black Eagle, panitia pun meminta JAT untuk tampil tiap hari,” ujar Mission Commander JAT yang juga Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Novyan Samyoga dalam perbincangan dengan Angkasa Review di ajang Singapore Airshow.

Roni Sontani

Novyan tidak langsung mengiyakan permintaan panitia, namun berkoordinasi terlebih dahulu dengan para awak JAT soal kesiapan mereka. “Ternyata mereka semua oke dan siap tampil. Kenapa saya tanyakan mereka terlebih dahulu? Karena mereka lah yang berada di kokpit. Bila ada satu penerbang saja yang tidak siap, maka saya tidak akan paksakan JAT tampil tiap hari,” tandas Samyoga.

Sebagai Komandan Misi, Samyoga berupaya ngemong dan harus memahami secara mendalam aspek psikologi serta kesiapan tim yang dibawanya. “Tampil di ajang internasional bergengsi, tentu nama bangsa yang dipertaruhkan,” jelasnya.

Syukur alhamdulillah, sejak hari pertama pelaksanaan Singapore Airshow JAT selalu tampil luar biasa memukau ribuan pasang mata pengunjung Singapore Airshow 2018.

“Kepada para pengunjung dari Indonesia yang nanti pada public days, Sabtu dan Minggu (10-11/2), akan datang ke sini, kami tunggu kehadirannya. Inilah tim aerobatik kebangsaan negeri kita yang mengharumkan nama Bangsa Indonesia di kancah internasional,” pungkas Samyoga seraya menjelaskan manuver-manuver baru yang dipertunjukkan oleh JAT kali ini. RONI SONTANI

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!