Wed. Jul 10th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Hurkus-B Mengudara, Turki Siapkan Pesawat Latih Dasar Ini untuk Angkatan Udara

1 min read
TAI

ANGKASAREVIEW.COM – Pesawat latih dasar Hurkus-B buatan Turkish Aerospace Industries (TAI) berhasil melaksanakan penerbangan perdana pada Selasa, (30/1/2018). Dijadwalkan, paling lambat akhir tahun 2018 pesawat ini sudah bisa bergabung dengan Angkatan Udara Turki (TAF).

Hurkus B didesain sebagai pesawat latih dasar untuk kebutuhan militer. Pesawat ini merupakan kelanjutan dari Hurkus-A yang didesain dan dipasarkan sebagai pesawat latih untuk kalangan sipil. Hurkus A mengudara pertama kali pada 29 Agustus 2013 dan telah mendapatkan sertifikasi dari EASA pada 2016 lalu.

Setelah mengudara, Hurkus-B selanjutnya akan menjalani serangkaian uji mesin, avionik, stabilitas, dan performa terbang. Hurkus-B akan bergabung dengan TAF setelah melewati 90 jam terbang pengujian. Pesawat ini menggunakan satu mesin Pratt & Whitney Canada PT-6A-68T turboprop.

Pihak pabrikan mengklaim, Hurkus-B memiliki desain perangkat kokpit, kursi lontar, dukungan oksigen (OBOGS), tuas gas dan kemudi (HOTAS), sistem anti-G, hingga sistem peredaman kejut roda pendarat layaknya pesawat jet tempur modern.

TAI

Presiden dan CEO TAI Temel Kotil mengatakan, dibandingkan Hurkus-A, Hurkus-B memiliki bobot lebih ringan 100kg dan memiliki laju terbang lebih cepat dari pendahulunya.

Bicara soal awal pengembangan, Hurkus yang bermakna burung bebas, dibuat melalui program kerja sama antara Kementerian Pertahanan Turki (SSM) dan Industri Dirgantara Turki (TAI) pada 2006. Pengembangan pesawat latih Hurkus-A sempat mengalami penundaan dari jadwal penerbangan perdana tahun 2009 menjadi 2013.

Selain untuk mengisi kebutuhan TAF, Turki berencana mengekspor pesawat latih ini ke negara-negara lain. TAI juga telah menyiapkan rancangan Hurkus-C sebagai varian pesawat tempur ringan serang darat. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *