Hebat Mana: F-15SG atau Su-30MKM? Nilai Sendiri di Singapore Airshow 2018

Wikimedia

ANGKASAREVIEW.COM – Dua kubu Barat dan Timur memang selalu dibandingkan. Pilih produk Amerika atau Rusia? Semua dengan pertimbangan masing-masing tentunya. Tak berhenti di situ, selain mencari ulasan dan referensi, publik kerap ingin dapat jawaban sendiri dengan cara melihatnya langsung. Hal ini pula yang dapat disaksikan di Singapore Airshow 2018 untuk membandingkan atraksi udara antara F-15SG dan Su-30MKM.

Tidak dipungkiri, F-15 dan Su-30 merupakan ‘rival abadi’. Terlebih dengan Su-27 yang merupakan basis dasar pengembangan keluarga Flanker. Pertemuan antara Eagle dengan Flanker pun telah dilaksanakan beberapa kali dalam misi latihan tempur udara.

Dengan Su-30MK2 milik TNI AU, F-15SG RSAF pernah terbang bersama di Bali tahun 2011 dalam rangka memeriahkan Latma Elang Indopura. Saat itu yang melaksanakan latihan bersama adalah F-16 dari masing-masing negara. Su-30MK2 dan F-15SG hanya datang memeriahkan acara. Masing-masing pesawat terbang membawa pucuk pimpinan tertinggi Angkatan Udara masing-masing dalam upacara penutupan latihan.

Singapore Airshow 2018 yang diselenggarakan pada 6-11 Februari, akan menampilkan pertunjukan dinamik jet tempur F-15SG dan Su-30MKM milik Angkatan Udara Malaysia (RMAF). Kedua pesawat, dalam daftar flying display, secara bergantian akan menampilkan kehebatan manuvernya di udara.

Jetphotos/Lihutao

Manuver yang ditampilkan jelas bukan ukuran sepenuhnya kehebatan dari masing-masing pesawat. Toh dalam fungsinya, pesawat tempur akan diukur dari seberapa besar efektivitas, peran, dan kontribusinya dalam memberikan kemenangan akumulatif sebuah peperangan.

Meski demikian, melalui penampilan di sebuah ajang kedirgantaraan bertaraf internasional, publik dapat menilai sejauh mana tingkat kepiawaian para punggawa udara dari masing-masing Angkatan Udara dalam hal ‘menaklukkan’ pesawat yang diterbangkan masing-masing.

Contoh gampang, untuk jet tempur Sukhoi, kita bisa melihat dalam berbagai tayangan bahwa penguasaan pilot-pilot Rusia lebih tinggi daripada penguasaan pilot-pilot Flanker dari negara lainnya. Pilot-pilot Rusia tampak lebih mahir memaksimalkan kemampuan manuver Su-27/30.

Jadi, mari bersiap memberi penilaian masing-masing. Mau vote F-15SG atau Su-30MKM? Beri nilai nanti setelah melihat langsung atraksi mereka di Singapore Airshow 2018. RONI SONTANI

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!