Lantik Penerbang Muda STPI, Ini lima Pesan Menpan-RB

penerbang mudaSuharso Rahman

ANGKASAREVIEW.COM – Saat memimpin Upacara Wisuda Diploma II Penerbang Sayap Tetap angkatan 67 gelombang 2 Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STP) Curug hari ini (Sabtu, 27/1/2018), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur memberikan lima penting kepada 50 penerbang muda tersebut sebelum mereka terjun ke dunia nyata di bidang penerbangan.

“Saya ingin berpesan kepada adik-adik, pertama, jadilah adik-adik sebagai alumni STPI Curug yang profesional. Jangan pernah berhenti untuk meningkatkan kemampuan adik-adik di bidang teknis masing-masing,” ungkap Asman.

Asman menyarankan agar mereka juga mencari pengetahuan lain dari berbagai sumber. Karena sekarang ini dunia tengah berada dalam era terbuka dan sumber-sumber pengetahuan sangat banyak diperoleh melalui internet.

Baca Juga: Menpan RB Pimpin Wisuda 50 Penerbang Sayap Tetap STPI Angkatan 67 Gelombang II

Kedua, Asman berharap mereka untuk menjadi alumni yang memiliki integritas tinggi dalam bidang tugas, kejujuran, kedisiplinan, keramahan, kepekaan, pengabdian, kesetiaan serta menjalankan etika dengan baik. Semua itu harus dilatih secara terus-menerus sehingga menjadi ciri dari alumni STPI.

Ketiga, ia berpesan agar mereka memperdalam kemampuan dalam berkomunikasi dengan bahasa internasional, minimal menguasai bahasa Inggris. Ia meminta para pilot ab initio ini untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak secara internasional dan bahasa adalah kunci dari komunikasi mereka secara internasional.

“Keempat, jadilah alumni STPI Curug yang inovatif dan kreatif, jadilah ‘anak-anak zaman know’ yang mampu memberikan inovasi-inovasi terobosan yang mampu mengubah dunia,” tegas Asman.

Ia juga mengatakan agar para lulusan baru ini jangan kecil hati dengan tempat kerja dan posisi kerja. Menurutnya, jika mereka memiliki kreatifitas yang tinggi dan inovatif, tempat kerja dan posisi mereka akan berubah menjadi tempat dan posisi kerja yang bergengsi.

Baca Juga: Ditanya Soal Solusi Pilot Nganggur, Ini Jawaban Ketua STPI Curug

“Kelima, jangan lupakan orangtua, guru dan rekan alumni lainnya. Mereka semua adalah orang-orang adik-adik menjadi maju. Semoga niat, upaya dan karya baik dari kita semua memberikan manfaat untuk masyarakat dan mendapat ridha dari Tuhan yang Maha Esa,” pungkasnya. FERY SETIAWAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *