Wed. Jul 10th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Maret 2020 Turki Akan Terima Kiriman Pertama S-400 Triumf Rusia

1 min read
S-400 TriumfTASS

ANGKASAREVIEW – CEO Rostec, Sergei Chemezov mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk melakukan pengiriman pertama sistem rudal pertahanan udara S-400 Triumf (kode NATO: SA-21 Growler) ke Turki pada Maret 2020 mendatang. Hal ini berarti Turki akan menjadi negara anggota NATO (North Atlantic Treaty Organization) yang pertama kali menggunakan S-400 terbaru Rusia.

Dalam sebuah wawancara dengan Kommersant Daily, Sergei menyebutkan bahwa nilai kontrak pengiriman sistem rudal permukaan-ke-udara (surface-to-air) tersebut mencapai 2,5 milyar dolar AS. Seperti disebutkan Sergei, Kementerian Keuangan kedua negara telah menyelesaikan negoisasi masalah ini.

“Satu-satunya (hal) yang tersisa adalah menyetujui dokumen akhir. Saya dapat katakan bahwa mereka (Turki) akan membayar 45 persen dari total nilai kontrak, dan 55 persen akan menjadi pinjaman dari Rusia,” imbuhnya.

Baca Juga: Turki Pastikan Beli S-400 Triumf dari Rusia

Pada 12 September lalu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Ankara telah menandatangani kesepakatan dengan Moskow terkait pembelian S-400 dan telah melakukan pembayaran di muka.

S-400 Triumf merupakan sistem rudal antipesawat jarak jauh terbaru yang dibuat oleh Rostek, perusahaan milik pemerintah Rusia. Sistem rudal pertahanan udara ini telah resmi dioperasikan pada tahun 2007 silam.

Baca Juga: Saudi Bicarakan Kemungkinan Beli UAV Anka dari Turki

Mampu menjangkau jarak sejauh 400 km dan ketinggian 30 km, sistem rudal ini dirancang untuk dapat menghancurkan pesawat, rudal balistik maupun jelajah, termasuk rudal jarak menengah (medium-range ballistic missile/MRBM). Sistem rudal pertahanan udara ini juga memungkinkan digunakan untuk melawan target darat. FERY SETIAWAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *