Sudah Dua Dikirim ke “Boneyard”, NATO Pensiunkan 3 E-3A AWACS

NATO

ANGKASAREVIEW.COM – Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) memensiunkan tiga armada Boeing E-3A AWACS (airborne warning and control system).

Pertengahan bulan ini, pesawat E-3A kedua telah dikirim ke tempat peristirahatan “Boneyard” di Davis-Monthan Air Force Base, Arizona.

Pesawat tersebut bergabung dengan E-3A pertama milik NATO yang telah disimpan di tempat ini sejak Juni 2015. Sementara pesawat ketiga akan dikirim beberapa bulan ke depan.

NATO sendiri saat ini masih mengoperasikan 15 E-3A yang ditempatkan Pangkalan Geilenkirchen, bagian barat Jerman.

Pemensiunan armada E-3A disinyalir terkait berkurangnya anggaran untuk pesawat buatan Boeing ini.

Sejak dioperasikan tahun 1982, NATO menggunakan E-3A sebagai pesawat garis depan dalam sejumlah operasi militer maupun misi dukungan kemanusiaan.

NATO menurunkan E-3A dalam berbagai medan pertempuran termasuk operasi militer di Afghanistan, Balkan, Irak, Libya, Mediterania, Suriah, Turki serta operasi kemanusiaan di kawasan Eropa.

NATO mengoperasikan 18 pesawat E-3A  di mana satu pesawat mengalami kecelakaan tahun 1995.

Sisa 14 pesawat E-3A nantinya akan menjalani upgrade di Global Air Traffic Management (GATM) sehingga bisa digunakan hingga tahun 2035.

Berbasis pesawat B707/320, E-3A dilengkapi radar putar berdiameter 9,1 m di atas badan pesawat. Radar dengan jarak deteksi hingga 400 km ini dapat menyapu area udara seluas 500.000 km2 termasuk mengidentifikasi pesaswat yang terbang rendah di atas daratan atau lautan. RONI SONTANI

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!