Fri. May 24th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Hadapi China, Jepang Kemungkinan Besar Akan Membeli F-35B

1 min read
US DoD

ANGKASAREVIEW.COM – Melalui pertimbangan yang matang, Jepang kemungkinan besar akan membeli jet tempur Lockheed Martin F-35B. Hal ini guna menghadapi agresivitas China di kawasan laut.

F-35B akan ditempatkan di kapal pengangkut helikopter karena jet tempur ini bisa lepas landas dan mendarat seara vertikal.

“Pembelian F-35B, pesawat yang dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal (STOVL), dipengaruhi oleh adanya eskalasi ketegangan antara Jepang dengan China,” kata sumber pemerintahan Jepang sebagaimana dikutip Kyodo, Minggu.

Perdana Menteri Shinzo Abe telah mengubah kebijakan keamanan dalam negeri pascaperang. Dia memberikan perhatian dan keleluasaan bagi peningkatan kekuatan Pasukan Bela Diri Jepang.

Dengan pembatasan sebelumnya, Jepang tidak lagi punya kapal induk besar dan hanya memiliki kekuatan bela diri maritim dengan kapal perusak yang dapat mengangkut helikopter.

JMSDF

Kapal terbesar jenis ini adalah Izumo-class dengan panjang 248 meter dan dapat mengangkut 14 helikopter.

F-35B dipertimbangkan untuk dibeli karena jet tempur generasi kelima varian ini dapat lepas landas dan mendarat di dek kapal. “Hanya dibutuhkan modifikasi terhadap kapal ini agar bisa difungsikan sebagai kapal induk kecil,” ujar sumber.

Sebelumnya, Jepang telah menandatangani pembelian 42 F-35A untuk Pasukan Bela Diri Udara mereka.

Kini Perdana Menteri Abe berharap bisa membeli F-35B atau memasukkan pesawat tersebut dalam pembelian 42 F-35A.

Di Amerika Serikat F-35A dibuat untuk Angkatan Udara, F-35B untuk Korps Marinir, dan F-35C untuk Angkatan Laut. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *