Qatar Belanja 24 Eurofighter Typhoon Senilai 6,7 Miliar Dolar AS

BAE Systems

ANGKASAREVIEW.COM – Qatar memastikan akan membeli 24 jet tempur Typhoon buatan konsorsium Eropa, Eurofighter, senilai 5 miliar pound sterling atau 6,7 miliar dolar AS. Pengiriman pesawat akan dilaksanakan mulai tahun 2022.

Persetujuan diumumkan di Doha oleh Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson dan Menteri Pertahanan Qatar Khalid bin Mohammed al Attiyah, Minggu (10/12/2017).

Sebelumnya, pada September lalu, Qatar telah menyatakan ketertarikannya untuk membeli penempur sayap delta Eurofighter Typhoon.

Kepala Eksekutif BAE Systems Charles Woodburn menyatakan, jet tempur Typhoon yang dibeli Qatar akan dibuat oleh BAE Systems di Warton, Lancashire, Inggris. Pengiriman pesawat bisa dilaksanakan mulai tahun 2022 dengan syarat pembayaran tidak lewat pertengahan tahun 2018.

Qatar menjadi negara kesembilan yang membeli Typhoon setelah Austria, Jerman, Italia, Kuwait, Oman, Arab Saudi, Spanyol, dan Inggris. Hingga saat ini Typhoon yang mulai diproduksi tahun 1994 telah dibuat sebanyak 599 unit. RONI SONTANI

 

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *