Telat 7 Bulan, Boeing Baru Kirim Tanker KC-46A kepada USAF Tahun Depan

USAF

ANGKASAREVIEW.COM – Pabrik pesawat Boeing dipastikan telat mengirim pesawat tanker terbaru KC-46A kepada Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF). Sedianya, 18 KC-46A gelombang pertama pesanan USAF akan diserahkan hingga akhir tahun ini.

Keterlambatan pengiriman KC-46A dipastikan karena pada minggu ini Boeing baru mau melaksanakan uji terbang perdana KC-46A sesuai pesanan USAF.

Sebelumnya, Boeing memang sudah melaksanakan penerbangan enam pesawat prototipe KC-46A. Akan tetapi, itu bukan basis B767-2C yang dijadikan KC-46A untuk USAF.

Kantor akuntabilitas pemerintah AS memperkirakan, Boeing baru bisa melaksanakan pengiriman KC-46A kepada USAF paling cepat Februari 2018. Itu artinya molor tujuh bulan dari rencana semula. USAF sendiri total memesan 179 tanker KC-46A untuk menggantikan peran KC-135 Stratotanker.

Diterangkan, keterlambatan pengiriman disebabkan beberapa hal. Antara lain menyangkut sertifikasi oleh FAA untuk B767 yang ditambah peralatan tanker serta sertifikasi dari USAF sendiri.

Hal lainnya menyangkut teknis, yaitu terjadinya “penyimpangan kategori 1” di mana pipa penyalur bahan bakar (boom) kadang tidak akurat mengenai lobang masukan bahan bakar dan mengenai bagian pesawat lainnya tanpa terdeteksi. RONI SONTANI

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!