Ramai Pilot Cuti Natal, 15 Ribu Penerbangan American Airlines Terancam Gagal

Dallas MN

ANGKASAREVIEW.COM – Salah satu maskapai penerbangan raksasa asal negeri Paman Sam, American Airlines, telah membuat kekeliruan dalam mengatur jadwal kerja para pilotnya. Terjadi kesalahan sistem sehingga perusahaan memperbolehkan kru penerbangan untuk menawar waktu libur saat Natal. Akibatnya, para pilot mendapatkan libur yang terlalu banyak saat hari perayaan itu.

Allied Pilots Association (APA), serikat pekerja yang mewakili pilot di American Airlines mengatakan, kekacauan tersebut akan memengaruhi penerbangan saat Natal. Diperkirakan sebanyak 15 ribu penerbangan tidak akan memiliki kru yang cukup untuk beroperasi.

Berdasarkan pernyataan yang dikeluarkan APA, Jumat, manajemen mengungkapkan kegagalan dalam sistem penawaran jadwal. Akibatnya, ribuan penerbangan tidak memiliki pilot yang dapat ditugaskan untuk menerbangkannya selama masa liburan yang akan datang.

Atas adanya masalah tersebut, American Airlines kemudian menawarkan pilot dengan bayaran 50 persen lebih tinggi dari upah normal apabila mereka bersedia menyelamatkan penerbangan yang terancam gagal tersebut. Dengan adanya kebijakan tersebut, pihak serikat pekerja merasa tidak senang lantaran mereka tidak dilibatkan dalam pengambilan solusi dari masalah itu.

“Karena manajemen secara sepihak menciptakan solusi dalam pelanggaran kontrak ini, APA tidak dapat menjamin pembayaran yang dijanjikan dari premi yang ditawarkan,” tegas APA.

Melalui The Independent, American Airlines turut memberikan tanggapan atas masalah yang mereka hadapi. Mereka melayangkan pernyataan bahwa pihaknya telah bekerja keras untuk mengatasi masalah tersebut dan berharap dapat menghindari terjadinya pembatalan penerbangan pada musim liburan tahun ini.

“Kami memiliki pilot cadangan untuk membantu penerbangan pada Desember, dan kami membayar pilot 150 persen dari tarif per jamnya, sesuai kontrak. Kami akan bekerja sama dengan APA untuk mengurus pilot kami dan memastikan kami dapat membawa pelanggan ke tempat yang mereka inginkan untuk berlibur,” jelas American Airlines.

Dengan adanya peristiwa ini, banyak calon penumpang yang bereaksi terhadap masalah ini di media sosial. “Berita ini tidak terlalu menghibur. Karena ini adalah kesalahan AA, bagaimana saya bisa mendapatkan pengembalian dana sehingga saya dapat memesan penerbangan yang memiliki pilot?” cuit akun Brasky98, yang akan melakukan penerbangan dengan American Airlines pada 22 Desember mendatang. FERY SETIAWAN

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!